SHARE THIS ARTICLE

meal_130614

Yakitori, sejenis sate ayam ala Jepang, termasuk salah satu kuliner pinggir jalan yang disukai oleh para pegawai kantoran di Jepang. Biasanya mereka menyantap yakitori sambil minum sake di izakaya (bar ala Jepang). Yakitori sebetulnya cukup mudah dibuat di rumah, hanya saja sayangnya kebanyakan resepnya menggunakan campuran mirin atau sake yang tidak dapat dikonsumsi oleh kaum muslim yang merupakan mayoritas di negeri ini. Nah, jika kalian ingin membuat yakitori tanpa menggunakan mirin maupun sake, mari intip resep yakitori berikut ini yang diambil dari situs NHK.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

howto_130614_1

Untuk membuat negima (daging paha & daun bawang)

・250 g daging ayam (daging paha, dengan kulit masih melekat)
・1 batang daun bawang minimal ketebalan 1 cm (bisa digantikan dengan bawang bombay jika tidak ada)
・garam secukupnya
・minyak sayur secukupnya

Untuk membuat tsukune (bakso ayam cincang)

・200 g daging ayam cincang
・8 cm (20 g) daun bawang (bisa diganti dengan bawang bombay jika tidak ada)
・½ ruas jahe (ukuran sekitar 2 cm)
・1/3 sendok teh garam
・lada secukupnya
・2 sendok teh tepung
・1 sendok makan air

Untuk saus olesan

・3 sendok makan kecap asin
・3 sendok makan gula
・1 sendok makan air

Cara Memasak

1. Campur bahan-bahan untuk saus dalam penggorengan kecil. Didihkan dengan api sedang; kecilkan api dan biarkan mendidih selama 1-2 menit hingga saus mengental. Dinginkan.

2. Untuk membuat negima, iris daun bawang sepanjang kira-kira 2 cm. Campur dengan sedikit minyak sayur. Potong ayam hingga tebalnya sekitar 1 cm; kemudian potong menjadi bagian selebar 2-3 cm. Tusukkan potongan daun bawang ke dalam tusuk sate, kemudian tambahkan 1 bagian ayam. Ulangi hingga terdapat sekitar 2-3 bagian daun bawang dan sebanyak mungkin bagian ayam pada tiap tusuk sate. Taburi tiap sisi dengan garam.

howto_130614_2

3. Untuk membuat tsukune, letakkan ayam cincang dalam mangkok, campur dengan garam dan lada. Lalu tambahkan tepung, campur hingga daging terasa lengket. Kemudian tambahkan air. Berikutnya potong daun bawang dan jahe, dan tambahkan ke dalam campuran. Dibentuk bola-bola berukuran sekitar 2 cm. Didihkan air. Rebus selama sekitar 4-5 menit, kemudian keringkan. Masukkan 3-4 bakso dalam tiap tusuk sate.

4. Panaskan panggangan berkawat di atas api. Letakkan bahan-bahan yang sudah ditusukkan di atas panggangan berkawat itu. Saat satu sisi sudah matang, balik dan panggang sisi sebaliknya. Ayamnya harus dimasak matang dan bakso ayam harus jadi kuning keemasan. Pindahkan ke atas piring, dan olesi dengan saus.

howto_130614_3

Source : nhk.or.jp
COMMENT