Berita Jepang | Japanesestation.com

Dua minggu sebelum pemilihan ketua Liberal Democratic Party (LDP), Kyodo mengadakan survei kepada seluruh pendukung LDP yang memenuhi syarat tentang sosok yang pantas menjadi perdana menteri. Hasilnya, sebanyak 27,7% responden menilai Sanae Takaichi, mantan menteri keamanan ekonomi, paling cocok menggantikan Fumio Kishida.

Mantan menteri pertahanan, Shigeru Ishiba mendapatkan dukungan dari 23,7% responden dan mantan menteri lingkungan hidup, Shinjiro Koizumi mendapatkan dukungan dari 19,1% responden. Ketiganya menjadi kandidiat paling kuat untuk pemilihan ketua LDP.

Calon terkuat ketua LDP.
Ketiga calon terkuat dalam pemilihan ketua LDP. Dari kiri-kanan; Shinjiro Koizumi, Sanae Takaichi, dan Shigeru Ishiba (Kyodo).

Pemilihan ketua LDP akan diselenggarakan pada 27 September mendatang dengan masa kampanye yang telah dimulai sejak minggu lalu.

Sejak akhir tahun 2023, LDP telah mendapatkan pengawasan ketat akibat beberapa anggotanya gagal melaporkan jumlah pendapatan mereka dari penggalangan dana. Sebanyak 66,1% pendukung LDP menyerukan jika anggota partai yang berkuasa perlu menjelaskan tentang penerimaan dana kotor dari faksi intra-partai.

Lewat jajak pendapat yang dilakukan Kyodo Senin lalu juga diketahui jika sebanyak 41,4% pendukung LDP mendukung sistem nama keluarga terpisah secara opsional untuk pasangan yang sudah menikah.

Sebanyak 36,2% pendukung LDP juga menilai jika meningkatkan ekonomi dan menghambat kenaikan harga adalah prioritas yang harus diselesaikan, sementara 24,5% lainnya merasa kebijakan dan keamanan luar negeri lebih cocok untuk diprioritaskan.

Survei ini dilakukan secara acak pada individu berusia 18 tahun yang telah memenuhi syarat dan menerima 1.048 tanggapan.