Share on

East Japan Railway mengatakan bahwa Stasiun Harajuku akan dibongkar dan dibangun ulang setelah pertandingan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Keputusan ini dibuat setelah berdiskusi dengan distrik kota Shibuya dan asosiasi ritel lokal.

Stasiun Harajuku lama ini dibangun pada tahun 1924 dan merupakan bangunan stasiun dari kayu tertua di Tokyo. Stasiun ini dibangun dengan gaya barat, dan menjadi pintu masuk menuju distrik Harajuku, pusat budaya muda dan street fashion di Tokyo.

Pada tahun 2016 lalu, JR East telah memulai konstruksi bangunan baru yang terletak di dekat stasiun yang sekarang, dan direncanakan akan dibuka pada tanggal 21 Maret 2020 tahun depan untuk mengambil alih fungsi stasiun yang sekarang.

Meskipun banyak yang meminta untuk mempertahankan bangunan bersejarah ini, namun pembongkaran bangunan lama ini tetap diputuskan untuk alasan keamanan, karena bangunan ini kurang memadai untuk ketahanannya terhadap api.

Pihak pengelola juga mengatakan akan menggunakan bahan yang memenuhi standar ketahanan terhadap api untuk membangun ulang stasiun dengan gaya barat tersebut setelah dibongkar.

  Featured image: Edomura no Tokuzo // CC BY-SA 4.0