Share on

Di tengah masa social distancing, sebuah restoran di Izu Shabonten Zoo, sebuah kebun binatang di Jepang malah penuh. Waduh, gimana nih? Tapi tunggu dulu, coba perhatikan lagi siapa yang duduk di kursi-kursi restorannya. Ternyata, mereka bukan manusia, tapi boneka kapibara yang imut!

Ya, boneka-boneka kapibara dan boneka binatang lain ini sengaja ditempatkan di kursi  oleh para staff kebun binatang untuk membantu para pelanggan mempraktikan social distancing untuk mencegah makin menyebarnya virus COVID-19 alias virus corona. Selain itu, makan dengan ditemani boneka-boneka imut ini rasanya menyenangkan, kan?

Sebelumnya, kebun binatang yang terletak di Prefektur Shizuoka ini sempat ditutup pada 20 April lalu karena naiknya status Jepang menjadi darurat COVID-19 dan kembali dibuka pada 18 Mei. Saat dibuka kembali, pihak restoran memutuskan untuk menempatkan boneka-boneka itu di kursi prioritas untuk mencegah para pengunjung duduk berdampingan.

Suasana dalam restoran, boneka kapibara duduk bersama pengunjung. (mainichi.jp)
Suasana dalam restoran, boneka kapibara duduk bersama pengunjung. (mainichi.jp)

Tak hanya di meja, boneka imut ini ada di atas meja juga lho. Tujuanya untuk mencegah para pelanggan duduk terlalu dekat.

"Rasanya seperti makan siang bersama kapibara asli, menyenangkan sekali,” komentar Keishiro Yoshimaru, seorang pemuda berusia 18 tahun yang tengah belajar menjadi seorang penjaga kebun binatang.

Kepala kebun binatang, Tomoaki Nakamura megatakan ia memutuskan untuk menempatkan boneka kapibara di kursi-kursinya ini agar pengunjung tidak kesepian.

"Kita perlu menjaga jarak dengan orang lain kan? Tentunya kita bisa merasa kesepian. Karena itu, dengan metode unik beraura kebun binatang ini, kami ingin pengunjung tidak merasa kesepian dan dapat menikmati waktu makannya,” ujarnya.

Nah, tapi kenapa sih kapibara yang diplih? Ternyata, Izu Shabonten Zoo memang populer sebagai destinasi wisata dengan kapibara di dalamnya. Bukan hanya ada berbagai event bertema kapibara, tempat ini juga menyediakan onsen khusus kapibara lho!

Seorang penjaga kebuh binatang yang membuat onsen untuk kapibara (spoon-tamago.com)
Seorang penjaga kebun binatang yang membuat onsen untuk kapibara (spoon-tamago.com)

Menurut situs resminya, tradisi unik ini dimulai pada tahun 1982, saat seorang penjaga kebun binatang yang tengah membersihkan barang-barangnya dengan air hangat melihat gerombolan kapibara berkumpul, membasahi kaki dan bulu mereka. Binatang pengerat imut ini ternyata sangat menyukai air, tapi udara musim dingin terlalu dingin untuk mereka, karena itu penjaga kebun binatang ini mendapat ide untuk mengisi kolamnya dengan air panas. Para kapibara langsung memanjat dan berendam dengan bahagia. Mulai dari situlah, kebun binatang ini membuat onsen kapibara setiap musim dingin!

Sumber:

Mainichi

Spoon & Tamago