Share on

Pada hari Rabu (15/08) kemarin, Badan Meteorologi Jepang meningkatkan peringatan vulkaniknya untuk pulau Kuchinoerabu di kota Yakushima, Prefektur Kagoshima, Jepang. Mereka menyerukan agar warga setempat untuk mempersiapkan evakuasi.

Advertise With Us

Dalam peringatan vulkanik yang dikeluarkan pada pukul 10:30 pagi JST, agensi tersebut meningkatkan peringatan dari Level 2 ke Level 4, yang mana skala tertinggi Jepang adalah 5. Peringatan itu diumumkan setelah terjadinya peningkatan aktivitas gunung berapi di Gunung Shindake di pulau tersebut.

Berdasarkan levelnya, orang-orang disarankan untuk tidak mendekati kawah pada saat level 2. Lalu ketika naik ke level 4, mereka menyarankan warga untuk melakukan persiapan evakuasi.

Badan tersebut juga menyerukan agar warga berhati-hati dengan letusan abu besar dan aliran piroklastik dalam jarak 3 kilometer dari kawah. Menurut pemerintah kota Yakushima, 105 orang tinggal di pulau itu pada 1 Agustus.

Menurut pejabat setempat, beberapa warga lansia berusia 65 atau lebih telah mulai mengungsi ke balai kota, sementara penduduk pulau lainnya telah memulai persiapan untuk evakuasi.

(featured image: News on Japan)