Berita Jepang | Japanesestation.com

Beberapa bagian taman Sanuki Manno Park yang terletak di Prefektur Kagawa diciptakan kembali dalam sebuah video game terkenal bernama Minecraft.  Diresmikan pada 13 Maret oleh Biro Regional Kementerian Pertanahan, tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mempromosikan penggunaan taman dan merevitalisasi masyarakat setempat.


Dalam permainan Minecraft, pemain dapat dengan bebas membangun berbagai struktur dan item virtual menggunakan balok. Permainan ini telah diadopsi oleh banyak sekolah sebagai alat pengajaran untuk mempelajari pemikiran komputasi. Biro Pengembangan Regional Shikoku menyebut bahwa hal ini adalah pertama kalinya Jepang membuat taman nasional dalam dunia online.

Sanuki Manno Park Ajak Pengunjung Datang melalui Dunia Minecraft
Shoryu no Taki, salah satu daya tarik bagi pengunjung Sanuki Manno Park (Visit Kagawa)
Sanuki Manno Park Ajak Pengunjung Datang melalui Dunia Minecraft
Shoryu no Taki yang dibuat ulang di dunia Minecraft (Biro Pengembangan Regional Shikoku)

Hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung di dunia MInecraft adalah dinding batu di pintu masuknya. Saat masuk, pemain akan disambut oleh sebuah karya seni yang menggambarkan maskot Doramu yang terinspirasi dari naga seperti di dunia nyata. Restoran, observatorium, dan air terjun Shoryu no Taki setinggi 9 meter juga turut divirtualisasikan.


Koji Yodo, asisten manajer divisi perencanaan konstruksi biro, berkata, "Kami ingin anak muda tertarik dengan Manno Park melalui ruang virtual 'metaverse'. Kami berharap setelah bersenang-senang dengan Minecraft, mereka akan mengunjungi dan menjelajahi taman yang sebenarnya."


Pemain Minecraft dapat berkunjung secara gratis melalui situs web Biro Regional Kementerian Pertanahan mulai pukul 2 siang pada 19 Maret.