Berita Jepang | Japanesestation.com

Bisa berjalan dan berlari, hingga naik dan turun tangga, kehadiran robot Asimo yang dibuat oleh pabrikan otomotif Honda sempat membuat heboh Jepang beberapa tahun silam. Sosoknya mampu membuka botol, melayani pengunjung, dan secara sopan berjabat tangan dengan orang asing. 

Saat ini, Tokyo memang sudah tidak asing lagi dengan robot. Dengab android yang dikendalikan dari jarak jauh yang mampu menjalankan kafe hingga pekerja konbini robot, cyborg ini adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di kota ini. 

Dilansir dari Timeout, Asimo, humanoid dari Honda adalah salah satu robot paling awal di Jepang dan saat ini dikenal luas di seluruh dunia. Robot ini telah digunakan untuk audiensi di kantor pusat Honda dan Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation selama dua dekade terakhir.

Seperti dilansir NHK News, robot kesayangan baru-baru ini pensiun dari pertunjukan publik dengan pertunjukan perpisahan yang diadakan pada Kamis 31 Maret lalu. Jika kalian melewatkan acara tersebut, kalian dapat menonton showcase terakhir Asimo di Honda Welcome Plaza Aoyama dalam video di atas, di mana ia tampil beberapa gerakan khasnya seperti menari dan berlari melintasi panggung.

Meski tidak lagi tampil, robot tersebut masih akan sesekali tampil di depan publik. Honda juga bertujuan untuk fokus pada proyek robotika lainnya, serupa dengan yang ada di Dawn Avatar Robot Café di Nihonbashi.