Berita Jepang | Japanesestation.com

Princess Mako, keponakan dari Kaisar Naruhito dan putri pertama dari Pangeran Mahkota Fumihito, berulang tahun ke-29 pada Jumat (23/10). Ulang tahunnya kali ini membuat perhatian publik kembali fokus pada masalah penikahannya dengan pacarnya semasa di bangku kuliah, Kei Komuro, yang sempat tertunda.

Dilansir dari Mainichi, tanggal pernikahannya dengan Komuro yang kini tengah menimba ilmu di sebuah sekolah hukum di New York, belum ditetapkan hingga kini setelah tertunda pada 2018 silam. Selain itu, di tengah pandemi virus corona, sang putri lebih banyak menghabiskan waktu di kediamannya karena keluarga kekaisaran pun mengurangi aktivitas mereka.  

Sejauh ini, Princess Mako telah berpartisipasi dalam 30 seminar daring bersama berbagai ahli terkait berbagai topik tentang virus corona. Ia mempelajari materi yang telah disediakan dan bertanya pada para ahli. Sementara itu, pada bulan September  lalu, ia terlibat dalam tugas resmi di luar Istana Kekaisaran untuk pertama kalinya dalam 8 bulan terakhir dengan mengunjungi sebuah pameran kerajinan tradisional Jepang di department store Nihombashi Mitsukoshi di pusat kota Tokyo.

kaisar Jepang Naruhito keponakan princess mako japanesestation.com
Princess Mako di Akasaka Estate di Distrik Minato, Tokyo, pada 6 Oktober 2020. (dok. Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang via Mainichi)

Terkait rencana pernikahannya sendiri, sang putri dan Komuro akan segera membuat pengumuman resmi terkait hal itu. Sebelumnya, rencana pertunangan mereka telah diumumkan pada September 2017 lalu dan pernikahan mereka pun dijadwalkan berlangsung pada 4 November 2018 silam. Namun, even tersebut tertunda hingga 2020 akibat laporan bahwa ibu Komuro terlibat masalah finansial dengan mantan tunangannya.

Saat ditanya tentang apakah rencana pernikahan sang putri akan diumumkan tahun ini, Takaharu Kachi, asisten keluarga putra mahkota di Badan Rumah Tangga Kekaisaran, berkata "Kami tidak yakin."

"Pandemi yang terjadi memberi banyak dampak buruk dan situasi pun telah banyak berubah sejak pengumuman penundaan tersebut,” tambahnya.

kaisar Jepang Naruhito keponakan princess mako japanesestation.com
Princess Mako di Akasaka Estate di Distrik Minato, Tokyo, pada 6 Oktober 2020. (dok. Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang via Mainichi)

Princess Mako juga dilaporkan telah membuat hospital gowns dari kantong plastik untuk membantu menurunnya jumlah barang alat perlindungan diri di rumah sakit-rumah sakit di Jepang selama pandemi dan berjalan-jalan di Akasaka Estate bersama adik perempuannya, Princess Kako pada 6 Oktober lalu.