Berita Jepang | Japanesestation.com

Pemerintah Prefektur Shizuoka saat ini sedang mempertimbangkan untuk memberikan tarif pendakian Gunung Fuji pada pendaki mulai musim panas tahun depan sebagai bentuk pembatasan akses. Hingga musim pendakian berakhir tahun ini, pihak pemerintah Prefektur Shizuoka hanya meminta detail rencana pendakian lewat sistem. 

Jalur pendakian Gunung Fuji di Prefektur Shizuoka sendiri ada tiga, yaitu jalur Fujinomiya, Gotemba, dan Subashiri. Namun, karena ketiga jalur itu tidak berada tepat di wilayah tanah prefektur, pemerintah kesulitan untuk menerapkan aturan untuk pendaki di jalur tersebut.

Dikutip dari Kyodo, pemerintah Prefektur Shizuoka masih mempelajari cara untuk membatasi akses ke Gunung Fuji sampai November mendatang. Pemerintah juga berencana untuk mengalokasikan 340 juta yen yang digunakan sebagai biaya untuk kontrol pada pejalan kaki.

Di pihak lain, Prefektur Yamanashi telah memberlakukan penarikan tarif pada pendaki mulai musim panas tahun ini. Jalur pendakian Yoshida juga ditutup pada pukul empat sore hingga tiga pagi bagi pendaki yang tidak melakukan reservasi penginapan di stasiun 5. Selain itu, pendaki di jalur Yoshida hanya dibatasi hingga 4.000 pendaki per hari.