Berita Jepang | Japanesestation.com

Saat musim panas berangsur-angsur berakhir, Jepang dengan penuh semangat mengantisipasi warna-warna cerah dan udara segar yang menandakan datangnya musim gugur. Sebagian pelancong mungkin sudah menantikan kapan datangnya musim gugur di Jepang tahun 2024. Namun tahun ini, para ahli meteorologi memperkirakan awal musim dedaunan akan sedikit tertunda, dengan waktu puncak untuk melihat daun musim gugur yang ikonik akan tiba pada akhir Oktober hingga November.

Nah buat kamu yang sudah mulai menyiapkan rencana liburan ke Jepang saat musim gugur, ada bagusnya untuk memahami prakiraan datangnya musim gugur di Jepang tahun 2024, yang akan kami rangkum dalam artikel ini.

Prakiraan Datangnya Musim Gugur di Jepang Tahun 2024

Pada Hari Selasa (3/9), Japan Meteorological Corporation (JMC) telah merilis prakiraan pertama untuk awal musim gugur. JMC telah memperkirakan tanggal terbaik untuk melihat daun momiji merah dan daun gingkgo kuning di sekitar 700 lokasi pengamatan di seluruh negeri, mulai dari Hokkaido hingga Kagoshima.

Bulan lalu, Badan Meteorologi Jepang sempat mencatat kenaikan suhu rata-rata di Jepang, yang akan terus berlangsung hingga akhir September. Artinya, datangnya musim gugur ke negara ini juga mungkin akan sedikit tertunda. Dengan suhu yang lebih tinggi dari biasanya, dedaunan musim gugur diperkirakan akan tiba beberapa hari hingga lebih dari seminggu lebih lambat dari biasanya. Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa hal ini bisa saja berubah, tergantung pada kondisi cuaca.

Prakiraan Tanggal Melihat Daun Momiji

Peta prakiraan musim gugur di Jepang 2024
Peta prakiraan Daun Momiji (JMC)

Daun-daun di Hokkaido akan menjadi yang paling awal berganti warna, dan Sapporo diperkirakan akan melihat momiji yang paling semarak sekitar tanggal 8 November. Lalu dilanjut dengan Aomori pada 15 November, Nagano pada 23 Novermber dan Sendai pada 27 November. Untuk daerah Hiroshima dan Kanazawa, kamu dapat melihat momiji pada 29 dan 30 November.

Sedangkan untuk wilayah Tokyo, kamu dapat melihat momiji berubah warna sekitar tanggal 1 Desember, Nagoya tanggal 3 Desember, dan Osaka tanggal 4 Desember. Kemudian untuk daerah Kochi dan Fukuoka, daun momiji berubah warna pada 10 desember, Kyoto dan Wakayama tanggal 12 dan 13 Desember. Terakhir paling Selatan, daun momiji berubah warna di Kagoshima pada tanggal 14 Desember.

Prakiraan Tanggal Melihat Daun Ginkgo Kuning

Peta prakiraan daun Ginkgo kuning (JMC)
Peta prakiraan daun Ginkgo kuning (JMC)

Untuk melihat daun ginkgo yang berubah menjadi kuning lebih awal di Jepang, kamu bisa mengunjungi Sapporo dan Aomori pada tanggal 6 dan 7 November. Di Kanazawa dan Nagano, daung ginkgo berubah warna pada 12 dan 15 November. Lalu berlanjut di Kochi tangal 15 November, Nagoya tanggal 19 November dan Hiroshima 21 November.

Sementara di Osaka dan Tokyo, daun ginkgo akan sangat indah jika kamu mengunjunginya pada tanggal 25 dan 26 November. lalu untuk Wakayama dan Kyoto, daun ginkgo akan berubah warna pada tanggal 27 dan 28 November, begitu juga di Fukuoka dan Kagoshima. Terakhir, daun ginkgo berubah warna di Sendai pada tanggal 29 November. 

Itulah dia prakiraan datangnya musim gugur di Jepang tahun 2024. Informasi lebih lengkap kunjungi situs resmi Japan Meteorological Corporation. Perlu diingat bahwa tulisan ini hanya menampilkan prakiraan pertama. Untuk pembaruan berikutnya, kamu bisa perhatikan terus artikel-artikel dari kami di Japanese Station!