Share on

Masih ingat dengan pesan manis yang diberikan oleh staf salah satu maskapai penerbangan Jepang untuk orang yang tetap menaiki pesawat mereka di tengah keadaan negara yang kacau balau akibat wabah COVID-19  yang berujung pada sepinya pesawat? Ternyata hal tersebut masih berlanjut hingga sekarang, malah makin parah. Pesawat-pesawat tetap sepi dan hampir tidak ada yang menaiki, karena banyak orang yang takut tertular virus mematikan tersebut. Tapi, ada yang berbeda nih. Pesawat Jepang milik salah satu maskapai penerbangan Jepang terisi full seat! Namun, isi pesawat asal Jepang itu rupanya bukan manusia lho, tapi masker dan alat kesehatan.

Advertise With Us

Box berisi peralatan medis dalam pesawar ANA. (soranews24.com)
Box berisi peralatan medis dalam pesawat ANA (soranews24.com)

Dalam pesawat milik maskapai penerbangan All Nippon Airways (ANA) yang baru saja mendarat dari Shanghai di Bandara Haneda ini terlihat boks-boks berisi masker, alat tes, dan alat kesehatan lain untuk memerangi corona virus di Jepang duduk manis di kursi penumpang, lengkap dengan seat-belt yang “mengikat” boks-boks tersebut ke kursi. Hal ini dilakukan karena menurut  ANA,  dengan memanfaatkan 192 kursi penumpang dalam pesawat Boing 787-9 ini, dapat memperluas kargo pesawat hingga sebanyak 40 persen.

Box berisi peralatan medis dalam pesawar ANA, diberi seatbelt seperti manusia (soranews24.com)
Boks berisi peralatan medis dalam pesawar ANA, diberi seatbelt seperti manusia (soranews24.com)

ANA berinisiatif melakukan hal ini setelah melihat turunnya bisnis air travel mengakibatkan pesawat-pesawat terpaksa mengosongkan jadwal terbang mereka menyebabkan berkurangnya kapasitas angkutan udara. Sebelumnya, pesawat ANA Flight 968 (rute Shanghai-Haneda) telah beroperasi mengangkut masker dan alat kesehatan lain di dalam kabinnya. Kini, mereka meng-upgrade program tersebut dengan cara di atas, memasukkan  boks-boks tersebut ke dalam pesawat dan mendudukannya di kursi penumpang.

Jika ingin melihat proses mengantar para “penumpang” ini menuju kursinya masing-masing, cek saja video di bawah ini:  

Memang belum jelas kapan pola air travel kembali normal seperti sedia kala. Meskipun begitu, ANA mengatakan mereka berencana untuk memperluas rute mereka di masa yang akan datang. Semoga kita bisa menaiki pesawat Jepang ini secepatnya, ya!