Share on

Pekerjaan pembangunan telah selesai untuk Stadiun Nasional Tokyo baru yang akan digunakan sebagai tempat utama untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Pembangunan untuk stadiun ini menghabiskan biaya sebesar 157 milyar yen atau sekitar Rp. 20 triliun.

Pembangunan stadiun nasional Tokyo yang memiliki kapasitas 60,000 pengunjung ini dimulai sejak bulan Desember tahun 2016 lalu, sekitar 14 bulan lebih lambat dari yang direncanakan setelah desain original karya Zaha Hadid ditolak akibat masalah harga yang menuai banyak protes. Pengunduran waktu ini juga mengakibatkan stadiun ini tidak dapat menjadi tempat diselenggarakannya Piala Dunia Rugby 2019 yang diadakan di Jepang.

Menurut badan Olahraga Jepang, setelah pemeriksaan terakhir untuk kualitas dan keamanan, stadiun akan dibuka pada tanggal 21 Desember dan akan menjadi tempat diadakannya final sepak bola Emperor’s Cup yang akan dilangsungkan pada tanggal 1 Januari 2020 sebagai acara olahraga pertama yang diadakan di stadiun baru tersebut.

Stadiun ini menjadi salah satu dari 8 tempat baru yang akan digunakan untuk pertandingan Tokyo, dan semuanya baik sudah selesai maupun berada dalam jadwal untuk selesai sebelum acara dimulai.

Olimpiade musim panas 2020 akan diadakan antara 24 Juli dan 9 Agustus 2020 yang kemudian dilanjutkan oleh Paralimpiade dari tanggal 25 Agustus hingga 6 September 2020.

  Source & Image: Japan Today