Berita Jepang | Japanesestation.com

Jika kalian pernah menonton acara olahraga di Jepang, kalian mungkin telah memperhatikan pertunjukan akrobatik yang dilakukan oleh para pemandu sorak atau cheerleader. Apa peran cheerleader di Jepang dan bagaimana rasanya menjadi seperti itu? Untuk menjabarkannya berikut adalah wawancara kepada seorang ahli pemandu sorak yang memberi kita semua perspektif baru menikmati acara olahraga, dan mungkin saja setelah ini kamu akan menjadi seorang otaku cheerleader!

Cara Baru untuk Menonton dan Menikmati Olahraga

Dari baseball dan sepak bola hingga bola basket, banyak orang melakukan perjalanan untuk menonton acara olahraga. Tentu kalian yang hadir karena menantikan permainan. Namun setelah menyempatkan diri ke auditorium atau stadion, mengapa tidak sekalian menikmati pertunjukan cheerleader yang tidak dapat dilihat di tempat lain?

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Machan seorang otaku cheerleader (https://matcha-jp.com/en/9455)

Pada artikel ini, narasumber kita adalah seorang peneliti cheerleader bernama Machan. Dia menghadiri lebih dari seratus acara olahraga setiap tahunnya dan mengajari kami cara baru untuk menonton olahraga dengan memperhatikan pasukan pemandu sorak! Machan adalah seorang mantan cheerleader selama sepuluh tahun, dan Machan jatuh cinta dengan kinerja cheerleader karena itu mengisinya dengan kebahagiaan dan kepositifan.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai cheerleader, ia bersekolah di sekolah pascasarjana dan meneliti aktivitas intens ini dari sudut pandang manajemen olahraga. Seorang otaku cheerleader yang dengan bangga mengakui hal ini, telah menghadiri berbagai acara olahraga untuk mengamati para pemandu sorak yang bersemangat dari dekat.

B-ROSE: Tim Cheerleading Anggun Yokohama

"Ciri utama dari tim cheerleader Jepang adalah variasi mereka. Cheerleader di pertandingan bisbol cantik dan menyerupai idola pop Jepang. Lalu ada regu cheerleader untuk pertandingan sepak bola dan sepak bola Amerika. Para cheerleader di pertandingan bola basket menonjol karena mereka sangat berkelas dan keren," ucap Machan.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
B-ROSE (https://matcha-jp.com/en/9455)

Untuk artikel ini, fokus ditujukan kepada penampilan B-ROSE, cheerleader resmi untuk Yokohama B-Corsairs, tim bola basket pria profesional di Yokohama. Machan mengatakan bahwa kecantikan mereka yang modern adalah salah satu alasan mengapa mereka begitu menarik.

"Untuk citra tim mereka, mereka telah mengadopsi moniker 'Noble Beauty.' Rutinitas tarian memiliki titik fokus, posisi berdiri mereka sempurna, dan cara mereka berinteraksi dengan booster juga berkelas, "Machan menjelaskan. Booster adalah sebutan untuk penggemar olahraga, tetapi juga bisa merujuk kepada seseorang yang merupakan pendukung antusias tim dan organisasinya. Orang ini terlibat dalam kegiatan seperti penggalangan dana, perencanaan acara, dan sebagainya.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Menonton Pertandingan Bola Basket (https://matcha-jp.com/en/9455)

Menonton pertandingan bola basket di Jepang sangat mengasyikkan karena penggemar bisa duduk dekat dengan lapangan. Tentu saja, ini berarti kalian dapat melihat cheerleader beraksi dari dekat juga. Selanjutnya, mari kita mengungkap hal-hal penting dari cheerleader sesuai keahlian Machan!

 

Amati Detail dalam Gerakan Gerakan Mereka

Para cheerleader tampil sebelum pertandingan dimulai. Dengan bendera kecil di tangan, semua anggota melakukan rutinitas mereka dengan harmoni yang sempurna.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Penampilan Cheerleader (https://matcha-jp.com/en/9455)

Umummnya saat melihat mereka tampil untuk pertama kalinya, kalian akan merasa kagum melihat betapa cantiknya setiap anggotanya. Tapi Machan memperhatikan sesuatu yang berbeda. Menurut Machan, "Semua elemen dalam rutinitas mereka disatukan bersama. Dari berdiri di posisi yang benar di lantai, sudut tangan mereka, jumlah langkah yang diambil ketika pindah ke tempat yang berbeda, bahkan cara mereka mengibaskan rambut mereka. Tim ini sangat terorganisir dengan baik, tetapi pada saat yang sama, keindahan masing-masing pemandu sorak juga bersinar."

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Kompak anggota tim cheerleader B-ROSE (https://matcha-jp.com/en/9455)

Kita pasti tidak mempertimbangkan bagaimana kibasan rambut merupakan poin penting dalam penampilan mereka. Detail ini tampaknya merupakan elemen penting dalam rutinitas mereka. Kalau dipikir-pikir, semua anggota cheerleader memiliki rambut panjang, dan tidak ada yang mengikat rambut mereka. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bendera kecil berada pada ketinggian yang sama dan kaki mereka ditekuk pada sudut yang sama. Pose ini menciptakan tampilan yang sangat seragam.

Performa yang Memberi Energi kepada Keramaian

Setelah pertandingan dimulai, mata semua orang terpaku pada permainan dan konsentrasi pemain yang intens. Tapi Machan menatap para cheerleader meneriakkan kata-kata penyemangat!

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Kata-kata penyemangat dari cheerleader (https://matcha-jp.com/en/9455)

Tim pemandu sorak tidak hanya tampil di antara setiap kuartal dan selama paruh waktu berlangsung. Bahkan ketika tidak tampil di lapangan, mereka menempatkan diri mereka di dekat area ring dan terus bersorak untuk tim tuan rumah. Selama pertandingan, Machan mengarahkan kita untuk memperhatikan ke arah mana para pemandu sorak menghadap ketika mereka berteriak dan bersorak. Dia menunjukkan, "Beberapa dari mereka mendorong pemain, sementara yang lain menghadapi kerumunan."

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Machan menganalisa penampilan tim cheerleader (https://matcha-jp.com/en/9455)

Ngomong-ngomong, kipas kertas yang dipegang oleh cheerleader dibagikan oleh para pendukung. Dengan berbagi item yang sama, penggemar dan cheerleader dapat dengan antusias bersorak bersama untuk tim tuan rumah. "Peran penting dari pemandu sorak adalah untuk memastikan bahwa sorak-sorai para penggemar mencapai para pemain. Jadi anggota tim berusaha menciptakan suasana yang memudahkan penonton untuk mensupport pemain," jelas Machan.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Cheerleader dan penonton bersama-sama mendukung tim tuan rumah (https://matcha-jp.com/en/9455)

Cheerleader terus bergerak, mendesak penggemar untuk melakukan dukungan untuk tim tuan rumah. Jadi jika kalian datang dan menonton pertandingan, mari kita bersorak bersama!

Urutan Rutinitas selama Pertandingan

Machan juga menjelaskan bahwa urutan rutinitas digunakan untuk memikat para penggemar. Misalnya, tim cheerleader setelah kuartal pertama baru akan memperkenalkan anggota pasukan. "Rasanya seperti mereka sengaja memperkenalkan anggota setelah kuartal pertama ketika itu paling tidak diduga," menurut Machan.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Perkenalan diri anggota pasukan (https://matcha-jp.com/en/9455)

"Setelah memicu minat penonton dengan rutinitas pembukaan, mereka membuat penggemar bertanya-tanya, 'Siapa pemandu sorak yang baru saja melakukan pertunjukan yang luar biasa itu?'" Setelah setiap anggota diperkenalkan, mereka memulai pertunjukan yang dimulai dengan tarian garis penuh warna, melakukan gerakan straddle dan split, kemudian berakhir dengan semua orang melompat dan mendarat secara serempak. Kinerja ini adalah spesialisasi B-ROSE.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Gerakan splits (https://matcha-jp.com/en/9455)

Menampilkan sosok mereka yang menakjubkan dan tersinkronisasi, para cheerleader menghargai para penonton dengan kinerja yang benar-benar harmonis. Ini hanya mungkin dilakukan dengan jumlah latihan yang luar biasa! Rutinitas mereka juga menunjukkan betapa kerasnya mereka harus bekerja untuk mencapai titik ini.

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Gerakan yang dihasilkan dari latihan yang keras (https://matcha-jp.com/en/9455)

Penampilan puncak B-ROSE disimpan untuk bagian terakhir dari pertunjukan paruh waktu. Penampilan ini menyatukan berbagai genre tarian termasuk jazz, funk dan hip-hop. Para penggemar juga dipompa untuk paruh terakhir pertandingan!

Cheerleaders Bekerja Sangat Keras di Belakang Layar

Selama paruh waktu dan di antara kuartal, ada pertunjukan hiburan di mana tamu istimewa diundang. Tentu saja, para cheerleader juga berpartisipasi. Tetapi seperti yang Machan tunjukkan, "Mereka mencurahkan hati dan energi mereka di belakang layar, mencari cara untuk memastikan bahwa hiburan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana."

Otaku Cheerleader! Perspektif Lain Tentang Menonton Olahraga
Mereka mencurahkan hati dan energi mereka di belakang layar (https://matcha-jp.com/en/9455)

Machan kemudian berkata, "Berdiri di samping para tamu istimewa, para cheerleader mendorong mereka untuk bergerak selama pertunjukan tanpa ragu-ragu. Selain dengan diam-diam memanggil dan membimbing mereka, tanggung jawab lain adalah menempatkan tamu istimewa di pusat perhatian."

Tentu saja, cheerleader adalah salah satu fitur hiburan terkemuka. Mereka sering bertindak sebagai jembatan antara penggemar yang bersorak dan para pemain, menunjukkan dukungan mereka yang memukau bagi tim tuan rumah. Selama pertandingan mereka memerankan sejumlah peran yang berbeda.