Berita Jepang | Japanesestation.com

Nintendo Co. mengatakan pada Hari Selasa (20/8) bahwa mereka akan membuka museum pertamanya yang telah lama ditunggu-tunggu di Kota Uji, Prefektur Kyoto pada musim gugur tahun ini.

Museum Nintendo, yang akan dibuka pada tanggal 2 Oktober 2024 dan menampilkan permainan, karakter, dan sejarah klasik perusahaan ini, akan memuaskan hasrat para penggemar video game dari segala usia.

Museum pertama yang dibagun oleh Nintendo ini bertujuan untuk menarik pengunjung dengan pameran dan konten interaktif.

Perusahaan tersebut juga merilis video Shigeru Miyamoto, pencipta Super Mario Bros dan game-game terkenal lainnya, yang memberikan cuplikan sekilas tentang apa yang ada di museum tersebut.

Berbagai konsol dan perangkat lunak akan dipamerkan di museum ini, termasuk Family Computer (Famicom) yang dirilis pada tahun 1983.

Para gamer akan dapat terlibat dalam pengalaman interaktif dan permainan dengan karakter Super Mario yang dicintai.

Selain itu, museum ini juga akan memiliki kafe di mana pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman, serta toko suvenir yang menjual pernak-pernik karakter ikonik mereka.

Bangunan museum tersebut dulunya merupakan pabrik Uji Ogura milik perusahaan yang dibangun pada tahun 1969. Sebelum mengalami renovasi seperti saat ini, tempat tersebut pernah menjadi lokasi dimana Nintendo memproduksi hanafuda (kartu remi Jepang) dan memperbaiki konsol game.

Dalam upaya untuk memajukan bisnisnya, Perusahaan Nintendo pertama kali mengungkapkan rencananya untuk membuka museum pada tahun 2021. Museum ini awalnya akan dibuka pada awal tahun ini.

Super Nintendo World, taman hiburan pertama perusahaan tersebut, dibuka pada Maret 2021 setelah penundaan selama berbulan-bulan akibat pandemi. Sebagai bagian dari kompleks Universal Studios Japan di Osaka, taman ini menampilkan wahana Mario Kart dengan Kastil Bowser di dunia nyata.

Sumber: Asahi Shimbun, Japan Times, Nintendo Official Site