Berita Jepang | Japanesestation.com

Mayoritas kota bersejarah di Jepang terletak di dekat sebuah sungai, begitu pula Kyoto dengan Sungai Kamogawa yang mengalir di sepanjang sisi timur Kyoto. Sungai ini sangat indah dan memiliki air yang jernih, membuat betah para pengunjung yang datang dan berjalan-jalan melewatinya. Nah, anehnya, jika biasanya sungai indah ini terlihat seperti pada gambar pertama di bawah, pada Rabu (6/1) lalu, air di Sungai Kamogawa tiba-tiba menjadi semerah darah!

sungai kamogawa kyoto japanesestation.com
Sungai Kamogawa (pakutaso.com)

Ya, menurut laporan Soranews24 dan Kyoto Shimbun, pada sekitar pukul 14:30 sore, para penduduk lokal melaporkan bahwa sungai yang mengalir melewati Kami Tobakanjinbashi-cho yang tidak jauh dari Kuil Fushimi Inari ini tiba-tiba menjadi berwarna merah darah.

Cairan berwarna mengerikan ini ditemukan merembes ke dalam saluran air dari sebuah pipa limbah, membuat air yang mengalir menjadi berwarna merah sepanjang beberapa meter sebelum akhirnya air berkumpul di tepi sungai.

Para pejabat setempat belum bisa memastikan langsung zat apakah yang membuat Sungai Kamogawa menjadi merah. Karena itu, mereka mengirimkan sampel air untuk diteliti lebih lanjut dan menentukan apakah zat terkandung di dalamnya membahayakan atau tidak. Hingga kini, sumbernya pun masih belum diketahui dan belum ada laporan terkait kecelakaan atau pembuangan sampah dan bangkai hewan ilegal di area tersebut.

Nah, karena hasil tes lab belum juga turun saat artikel ini dibuat, netizen pun membuat teori mereka masing-masing:

“Yah, Sungai Kamogawa sempat dijadikan lahan eksekusi kan?”

“Bukankah ada cerita di seri Detektif Kindaichi di mana sungainya mendadak berubah merah setelah sebuah pembunuhan terjadi?”

“Bukankah ini bencana yang menurut Moses akan terjadi?”

“Para anak sulung, selamatkan nyawamu!”

“Alu tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi menurutku, kita harus membangun sebuah patung Buddha agar lebih aman.”

Ada juga yang menganggap kalau kejadian ini mirip dengan apa yang terjadi dalam video game, seperti Siren dan ActRaiser.

Namun, teori terpopuler tentu saja teori bahwa mendadak kita memasuki dunia Evangelion, di mana air di planet ini berubah menjadi cairan merah yang disebut LCL. 

Tapi, meski kita menantikan film Evangelion untuk segera dirilis, jangan berdoa agar air Sungai Kamogawa tetap berwarna merah ya!