Share on

Beberapa waktu lalu, para suporter Jepang yang menyaksikan langsung Piala Dunia 2018 di Rusia, mendapat pujian dari orang-orang di seluruh dunia setelah mereka mengumpulkan sampah-sampah ke dalam kantung plastik besar berwarna biru yang mereka bawa setelah pertandingan berakhir. Nampaknya, aksi positif tersebut pun tak hanya mendapat pujian dan jadi tontonan, tapi juga mulai banyak dicontoh oleh orang-orang, terutama suporter sepak bola.

Advertise With Us

Salah satunya adalah klub sepak bola asal Indonesia berjuluk Pengeran Biru, PERSIB Bandung, yang mengajak para pendukungnya untuk membersihkan stadion Gelora Bandung Lautan Api dengan cara memungut sampah usai laga berakhir.

https://www.instagram.com/p/Bk_msV_HWt-/?taken-by=sandraolga

Dalam video yang diunggah di akun Instagram resmi mereka, tim PERSIB Bandung pun terlihat menyediakan banyak tempat sampah plastik berukuran besar sebelum laga melawan PSIS Semarang berlangsung pada hari Minggu malam kemarin. Tak ayal, netizen kemudian menganggap jika aksi tersebut terispirasi dari para suporter Samurai Biru, julukan dari Tim Nasional Jepang, di ajang Piala Dunia yang saat ini tengah memasuki babak semi-final.

"Efek pemain dan suporter timnas Jepang. Good lah, ikutin yang bagusnya, buang yang jeleknya #AyoBangunPersib," kata pemilik akun Instagram intanpermatasarigs. Ia juga bukanlah satu-satunya netizen yang berpikiran seperti itu, ada banyak para suporter PERSIB lainnya yang memiliki anggapan sama dan ikut berkomentar.

Pemilik akun hnslam adalah salah satu diantaranya, ia mengatakan jika aksi bersih-bersih stadion tersebut meniru para pendukung Tim Nasional Jepang. "Iya iya iya.. Kita meniru.. Tapi meniru untuk hal yang baik kok..," balas rizkifadhillak98 menanggapi hnslam.

https://www.instagram.com/p/Bk_fW0FAEd4/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1byphtcnkkc1o https://www.instagram.com/p/Bk_cLGTgXwO/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=8a6keckwea6c

Nampaknya, aksi ini pun bukan hanya sekedar ajakan saja, pasalnya pasca laga usai dengan kemenangan PERSIB, para suporter terlihat mengumpulkan sampah, tak terkecuali dengan suporter PSIS Semarang yang ikut terlibat dalam aksi bersih-besih ini.

Meski PERSIB Bandung sendiri menyiapkan hadiah untuk aksi bersih-bersih ini, namuan bukan tidak mungkin jika para suporter lainnya di Indonesia bahkan seluruh dunia dapat mengikuti jejak mereka dan bisa menjadi kebiasaan positif di masa mendatang.

  (Featured Iamge : Sandra Olga's Instagram)