Share on

Meskipun baru-baru ini Jepang sudah mencabut status darurat COVID-19, tapi masih banyak tempat-tempat wisata populer yang masih sepi dari keramaian termasuk di pusat kota yaitu Tokyo. Hal ini menyebabkan Tokyo sepi layaknya kota mati (meski masih terlihat beberapa penduduk lokal melakukan aktivitasnya). Pandemi COVID-19 memang mengakibatkan penurunan wisatawan asing sebesar 99,9%.

Jumlah penggunaan transportasi juga turun drastis. Salah satunya, JR Yamanote Line mencatat penurunan pengguna kereta hingga 60% meskipun status darurat COVID-19 telah dicabut di Jepang.

Seperti yang dilansir dari portal berita asal Jepang Japan Times, seorang phographer bernama Oscar Boyd sebelumnya menganggap Tokyo adalah kota yang penuh dengan keramaian dan dia tidak pernah membayangakan bagaimana sepinya kota tersebut "Mulai dari pusat perbelanjaan yang dipenuhi orang-orang, kereta yang ramai, wisatawan yang photo-photo, restoran yang bangkunya selalu penuh."

Dalam foto yang dibagikan oleh Oscar, terlihat sekali perbedaan yang signifikan dari kota metropolitan ini, sepinya jalan tanpa adanya orang-orang dan gelapnya kota Tokyo. Foto ini diambil ketika april dengan ini dia mencoba menceritakan bagaimana perasaannya agar bisa dibagikan terhadap orang lain bagaimana sepinya kota ini pada masa darurat COVID-19.

Berikut adalah foto-foto dari Oscar Boyd yang menunjukkan tempat-tempat di Tokyo sepi dan kita bandingkan bagaimana keadaaan Tokyo ketika sebelum pandemic yang diabadikan oleh THE 1993 yang merupakan salah satu fotografer dari Japanese Station yang juga sering berbagi fotonya ketika di Jepang.

Senso-ji Temple, Asakusa

Area pertokoan di Sensoji Temple, Asakusa yang sangat sepi seperti kota mati yang di abadikan oleh ( OSCAR BOYD )
Area pertokoan di Sensoji Temple, Asakusa (OSCAR BOYD)
Suasana Sensoji Temple, Asakusa yang sangat sepi ( OSCAR BOYD )
Suasana Sensoji Temple, Asakusa (OSCAR BOYD)

Shibuya 

Shibuya crossing yang biasanya ramai oleh para wisatawan yang menyebrang dimalam hari sangat terlihat sepi. ( Photo: Oscar Boyd )
Shibuya Crossing (OSCAR BOYD)

Shinjuku dan Kabukicho

Kabukicho merupakan salah satu red district di Jepang yang biasanya sangat ramai dan gemerlap terlihat sangat sepi ( OSCAR BOYD )
Kabukicho, pusat hiburan malam (OSCAR BOYD)
Salah satu stasiun terbesar di Tokyo, yaitu stasiun Shinjuku juga sangat terlihat sepi ( OSCAR BOYD )
Salah satu stasiun terbesar di Tokyo, Stasiun Shinjukui (OSCAR BOYD)

Tokyo Imperial Palace

Suasana dari Tokyo Imperial Palace  ( OSCAR BOYD )
Suasana Tokyo Imperial Palace (OSCAR BOYD)

Ginza

Ginza biasanya yang ramai oleh para wisatawan maupun penduduk lokal yang berbelanja dan beraktifitas terlihat sangat sepi ( OSCAR BOYD )
Ginza biasanya yang ramai oleh para wisatawan maupun penduduk lokal (OSCAR BOYD)

Stasiun Tokyo

Suasana di Tokyo Station yang sangat sepi hanya ada sepasang calon pengantin yang sedang melakukan photoshoot ( OSCAR BOYD )
Tokyo Station yang sangat sepi, hanya ada sepasang calon pengantin yang sedang melakukan photoshoot (OSCAR BOYD)