Berita Jepang | Japanesestation.com

Minimarket di Jepang tidak hanya dikenal sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, tetapi juga sering kali memiliki permainan mesin capit di dalamnya. Mesin-mesin ini menambah daya tarik tersendiri bagi pelanggan, terutama anak-anak dan remaja, yang dapat mencoba keberuntungan mereka untuk memenangkan berbagai macam hadiah menarik.

Dalam upaya untuk menarik bayak pelanggan ,Lawson, salah satu jaringan minimarket terbesar di Jepang menargetkan untuk memasang permainan mesin capit di 1.000 gerai mereka secara nasional pada tahun fiskal 2025.

Mesin-mesin tersebut telah ditambahkan pada tahun 2022 lalu ke sejumlah gerai di wilayah Kinki, yang meliputi prefektur Kyoto, Nara, Shiga, Wakayama, Mie, Osaka dan Hyogo. Sementara pada April 2024, Lawson mulai memasang mesin ini di beberapa gerai di wilayah metropolitan Tokyo.

Permainan mesin capit begitu populer terutama di kalangan turis asing karena hadiahya tidak dapat ditemukan di toko-toko manapun, sehingga mesin ini banyak diminati di daerah-daerah ramai wisata seperti Odaiba di Tokyo dan Kyoto.

"..harga yang wajar yaitu 100 yen untuk sekali permainan adalah hal yang menarik bagi para pelanggan,” ucap perwakilan humas Lawson.

Menurut survei dari Asosiasi Industri Hiburan Jepang, permainan mesin capit adalah genre populer yang menyumbang lebih dari setengah total penjualan fasilitas hiburan. Namun, menurut survei dari Imperial Data Bank, terdapat total 18 kebangkrutan atau penutupan fasilitas hiburan pada tahun fiskal 2011, dan jumlah fasilitas hiburan yang berjuang dengan meningkatnya biaya operasional terus menurun.

Di masa depan, minimarket dapat menjadi rumah baru bagi permainan mesin capit. “Kami ingin orang-orang dapat menikmati permainan ini dengan santai di minimarket yang sudah dikenal di seluruh negeri,” kata Lawson.

Perusahaan tersebut juga berencana untuk mempertimbangkan memperluas layanan permainan mesin capitnya, seperti dengan menawarkan hadiah orisinil yang hanya dapat diperoleh di toko tempat permainan dipasang.