SHARE THIS ARTICLE

Pada tanggal 28-29 Mei 2014, konser perdana Hatsune Miku digelar di Indonesia bersamaan dengan Expo Hatsune Miku. Hatsune Miku datang ke Indonesia untuk menjawab keinginan dari fans Indonesia yang telah memenangkan pemilihan di situs “Mikubook.com” pada fitur spesial “Help Us Find You!”. Dengan membludaknya jumlah permintaan pengadaan konser di luar Jepang, Crypton Future Media sebagai representasi khusus dari Hatsune Miku pun mengadakan polling tersebut. Polling tersebut diadakan pula mengingat pengadaan konser Hatsune Miku yang memakan biaya sangat besar dan perlu secara selektif untuk memilih tempat strategis. Lebih dari seratus ribu suara masuk dari berbagai belahan dunia dan akhirnya terpilihlah Indonesia sebagai tempat pengadaan Miku Expo selama dua hari, yakni 28-29 Mei 2014 di Jakarta Convention Center Cendrawasih Room.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selama dua hari para penggemar Hatsune Miku dapat menikmati pameran Hatsune Miku yang berisikan tentang perjalanan Hatsune Miku semenjak tahun 2007, display perangkat musik Hatsune Miku, permainan kartu, penjualan berbagai merchandise Hatsune Miku, dan juga tiga show konser Hatsune Miku. Tidak lupa pula dalam Miku Expo kalian dapat menikmati sebuah replika Hatsune Miku dalam ukuran besar yang diperkirakan memiliki perbandingan 1:1 dengan gambaran Hatsune Miku aslinya loh!

SONY DSC

SONY DSC

Konser Hatsune Miku di Indonesia memiliki konsep yang serupa dengan konsep konser Hatsune Miku di Kansai. Tapi kesamaan konsep tidak membuat antusiasme para penonton memudar. Penonton pun terpukau oleh kemahiran visualisasi hologram Hatsune Miku yang dipadukan dengan live band. Ayunan lightstick hijau memenuhi venue konser. Penonton yang berdatangan pun cukup variatif, tidak hanya penonton yang merupakan penonton setia Hatsune Miku, namun juga banyak penonton yang bukan penggemar setia Hatsune Miku namun datang dengan rasa penasaran untuk menyaksikan konser dengan visualisasi hologram. Selain itu, banyak pula penonton yang datang dengan penampilan ala Hatsune Miku.

MIKU EXPOindonesia28051405mini

MIKU EXPOindonesia28051406mini

Selama lebih kurang dua jam, para penonton disuguhkan oleh penampilan dari Hatsune Miku dan karakter-karakter lainnya. Tidak hanya kehadiran Hatsune Miku yang membuat para penonton berteriak histeris, kehadiran karakter lainnya seperti Rin, Len, Luka, Kaito, dan Mieko pun berhasil membuat para penonton berteriak sekencang-kencangnya. Visualisasi background, pergantian kostum, dan permainan artistik dari hologram yang ditampilkan pun menjadi daya tarik utama dari Konser Hatsune Miku, bahkan bagi mereka yang konon bukan penggemar setia dari Hatsune Miku.

MIKU EXPOindonesia28051407mini

MIKU EXPOindonesia28051408mini

MIKU EXPOindonesia28051409mini

Salah satu bagian yang tidak dapat dilupakan dalam konser Hatsune Miku adalah ketika Hatsune Miku menyapa penonton dengan berbahasa Indonesia. Antusiasme penonton pun semakin meningkat ketika Hatsune Miku menyanyikan lagu dalam bahasa Indonesia, “Venus di Ujung Jari”. Hal tersebut membuktikan bahwa kreasi para kreator Indonesia pun benar-benar telah diakui oleh team dari Hatsune Miku. Sifat kreasi Hatsune Miku yang “bottom-up”, dari fans dan untuk fans pun benar-benar terbukti di sini.

MIKU EXPOindonesia28051410 mini

MIKU EXPOindonesia28051411mini

Miku Expo yang berlangsung selama dua hari berturut-turut pun berhasil memuaskan para penggemarnya yang berdatangan dari berbagai daerah bahkan dari Jepang!

Reporter: Chaula Rininta

COMMENT