SHARE THIS ARTICLE

Selama ini wisatawan hanya tahun satu hutan paling terkenal di Jepang yaitu Aokigahara, sebuah hutan di kaki gunung Fuji yang terkenal angker karena banyak digunakan sebagai tempat bunuh diri warga Jepang. Selain hutan yang angker tersebut ada satu hutan lagi yang lebih ramah dari kesan mistis. Hutan Pohon Beech purba yang ada di Shirakami Sanchi.

Hutan Purba di Jepang (c) Flickr
Hutan Purba di Jepang (c) Flickr

Sebuah hutan purba yang masih perawan berisi pohon Beech berada di sepertiga dari pegunungan Shirakami yang melintasi perbatasan antara Aomori dan prefektur Akita di utara wilayah Tohoku, Jepang. Hutan ini adalah salah satu hutan pohon beech alami terakhir yang tersisa di Asia Timur.

Sisa-sisa hutan purba ini menutupi bukit-bukit dan lereng gunung Jepang utara sejak 8-12000 tahun yang lalu. Hutan-hutan di Jepang biasanya mengalami kerusakan karena digunakan warga sekitar untuk budidaya jamur Shiitake. Namun kelestarian hutan ini tetap terjaga sebab pohon Beech biasanya tidak cocok untuk budidaya jamur jenis ini. Dengan begitu hutan ini tetap aman dan tidak terganggu oleh petani Shiitake.

Hutan Pohon Beech ada di pegunungan Shirakami, Jepang (c) Wikipedia
Hutan Pohon Beech ada di pegunungan Shirakami, Jepang (c) Wikipedia

Hutan Beech ini tak tersentuh oleh tangan manusia dan dalam keadaan pelestarian yang jauh lebih terjaga dibanding hutan di sekitarnya. Awalnya hutan Beech ini sangat luas meliputi kawasan Asia Timur namun pada zaman es banyak pohon beech yang mati dan kehilangan keragaman ekologinya. Namun di Jepang, pohon Beech mampu bertahan hidup karena di daerah pagunungan Shirakami tidak terpengaruh dengan dinginnya zaman es.

Saat ini hutan Beech dari Shirakami Sanchi merupakan peninggalan terakhir dan terbaik dari hutan Beech yang ada di dunia. Hutan ini juga menjadi rumah bagi spesies langka beruang hitam Jepang serta berbagai jenis burung dan serangga.

Hutan ini menjadi rumah spesies langka beruang hitam Jepang (c) Lovedecor
Hutan ini menjadi rumah spesies langka beruang hitam Jepang (c) Lovedecor

Wilayah ini secara ketat dilindungi oleh pemerintah Jepang sehingga tidak banyak wisatawan yang diijinkan masuk ke dalamnya. Bahkan ada zona yang benar-benar terlarang untuk dikunjungi. Meski demikian ada spot-spot tertentu yang memang dibuka untuk wisatawan yang hobi hiking. Rute yang dilalui pun akan melintasi tengah hutan dan menuju sebuah air terjun di dalam hutan serta trekking menuju puncak gunung.

Source : travelingyuk.com
COMMENT