SHARE THIS ARTICLE

Izu Oshima dikenal sebagai pulau yang sangat angker di Jepang. Bukan tanpa alasan, di pulau ini tercatat sudah ribuan orang bunuh diri dengan loncat dari atas gunung. Hiii!

izu island (1)
Perjalanan menyusuri kawah Gunung Mihara di Pulau Izu Oshima (CNN Travel)

Masyarakat Jepang menyebut kalau Pulau Izu Oshima merupakan pulau angker yang menyeramkan dan berhantu. Meskipun, pulau di lautan di bagian selatan dari Tokyo itu punya lanskap alam yang cantik dan benar-benar alami.

Dilongok dari situs CNN Travel, Pulau Izu Oshima sudah lama dikenal sebagai tempat pembuangan atau pengasingan tahanan politik dan dukun. Mereka dianggap membahayakan masyarakat Jepang dan kedaulatan kaisar.

izu island (2)
Salah satu gua tempat pembuangan tahanan politik dan dukun (CNN Travel)

Pulau tersebut cukup terisolasi dan lokasinya masuk dalam bagian Samudera Pasifik. Tak sampai di situ, Pulau Izu Oshima pun dikenal sebagai salah satu lokasi bunuh diri yang paling terkenal di Jepang.

Tepatnya adalah Gunung Mihara yang merupakan gunung berapi paling aktif di Jepang dan tingginya hanya 764 mdpl. Di bagian puncak gunungnya berbentuk kerucut atau kawah dan di sanalah paling sering jadi lokasi bunuh diri!

izu island (3)
Pintu masuk untuk menyusuri kawah Gunung Mihara (CNN Travel)

Dimulai tahun 1933, seorang gadis muda bunuh diri di puncak gunung berapi tersebut dan jadi headline news di koran-koran di Jepang. Setelah itu, ada lagi sepasang muda-mudi mengakhiri hidup mereka dengan loncat ke kawah gunungnya. Puncaknya di tahun 1936, kala itu 600 orang tercatat bunuh diri di sana dengan cara loncat dari atas tebing.

Total, satu dekade menjelang berakhirnya Perang Dunia II tercatat 3.000 anak muda Jepang mengakhiri hidupnya di sana. Pemerintah Jepang tidak tinggal diam, mereka membuat pagar di sekitar kawah dan mendirikan kuil. Tapi hal itu tampaknya tidak berpengaruh.

Meski begitu, Pulau Izu Oshima masuk dalam destinasi cantik di Jepang. Pantai dan lanskap dataran tingginya menjadi surga fotografer. Hotel-hotel dan fasilitas penunjang wisata pun lengkap di sana.

Dari Takeshiba Ferry Terminal di Tokyo, traveler bisa naik speedboat selama 2 jam untuk tiba di Pulau Izu Oshima. Mungkin, Anda harus punya nyali saat datang ke pulau tersebut.

Source : travel.detik.com
COMMENT