SHARE THIS ARTICLE

manfaat kacang merah bagi kesehatanManfaat kacang merah Adzuki dapat memperkuat ginjal, kesehatan jantung, mencegah diabetes dan membantu gerakan usus yang teratur.

Kacang merah yang akan kita bahas kali ini adalah kacang adzuki karena kacang ini sangat terkenal dan warna merahnya yang kuat. Kacang ini berasal dari China dan sangat populer di Jepang.

Kacang Adzuki begitu populer dalam masakan Asia timur dan sering disajikan dengan nasi atau digunakan dalam makanan penutup. Kacang ini pertama kali dibudidayakan antara 4000 SM dan 2000 SM.

Cita rasa kacang adzuki jika sudah matang memiliki cita rasa manis dan mengandung rendah lemak dan protein tertinggi. Kacang adzuki adalah sumber serat, kalium, niasin, thiamin, riboflavin dan vitamin B lainnya. Kacang ini juga kaya mangan, seng dan besi.

Berikut Manfaat Kacang Merah adzuki bagi kesehatan:

Kesehatan Jantung
Kacang merah Adzuki merupakan sumber yang sangat baik dari serat larut. Dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang adzuki juga mengandung folat, kalium, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan jantung.

Kesehatan Pencernaan
Serat dalam kacang merah Adzuki membantu untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar, mencegah sembelit dan dapat membantu untuk mencegah kanker usus besar.

Pencegahan diabetes
Kacang Adzuki dapat menjaga kadar gula darah yang sehat juga membantu untuk mencegah dan mengobati diabetes. Jika anda didiagnosa menderita diabetes hal itu berarti bahwa tubuh Anda tidak dapat menjaga kadar gula darah menjadi seimbang kandungan serat dan nutrisi dalam kacang membantu untuk menjaga kadar gula pada tingkat yang normal.

Menjaga Berat Badan
Serat dalam kacang Adzuki mengisi perut Anda dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kacang Adzuki juga tinggi protein yang membantu untuk menjaga kadar gula darah rendah dan pada gilirannya, dapat membantu untuk menjaga berat badan.

Vitamin B
Kacang Adzuki adalah cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi vitamin B, termasuk B6, B2, B1, B3, dan asam folat.

Detoxifikasi (pembersihan organ) Hati
Hanya seperempat cangkir kacang Adzuki mengandung 100 % dari asupan harian yang direkomendasikan molibdenum, jejak mineral yang menghasilkan enzim sulfit oksidase yang sangat penting untuk detoksifikasi hati.

Mineral
Selain menjadi sumber besar molibdenum mineral, kacang Adzuki juga mengandung jumlah yang baik dari zat tembaga, seng, dan mangan.

Source : zonakesehatan.info
COMMENT