Share on

Insinyur Jepang bernama Masaaki Nagumo selalu memimpikan mengendarai robot seperti robot di Mobile Suit Gundam, yang merupakan serial animasi favoritnya dari kecil. Sekarang ia telah mewujudkannya dengan menciptakan humanoid raksasa yang terinspirasi oleh animasi tersebut.

Advertise With Us

Dikembangkan di Sakakibara Kikai, pembuat mesin pertanian, LW-Mononofu adalah robot berkaki dua setinggi 8,5 meter dengan berat lebih dari 7 ton. Robot raksasa ini berisi kokpit dengan monitor dan alat pengungkit bagi pilot untuk mengontrol lengan dan kaki robot.

"Saya pikir ini dapat diubah menjadi peluang bisnis," kata Nagumo, 44, kepada Reuters, media yang mencatat popularitas seri ikonik yang telah melahirkan film, manga, video game dan banyak lagi.

Sakakibara Kikai telah mengembangkan robot dan mesin hiburan lain di samping bisnis peralatan pertanian utamanya dan menyewakannya sekitar 100.000 yen per jam, untuk pesta ulang tahun anak-anak dan hiburan lainnya, katanya.

Perusahaan telah menciptakan robot yang beragam seperti Landwalker setinggi 3,4 meter, Kid Walker Cyclops yang lebih kecil dan mesin tinju MechBoxer - tetapi robot Mononofu yang perkasa memiliki gerakan yang lebih kompleks dibandingkan robot yang lain.

Robot Mononofu bisa menggerakkan jari-jarinya, memutar bagian atas tubuhnya, serta berjalan maju dan mundur. Namun, tidak memiliki speedster sehingga bergerak kurang dari 1 km per jam. Meski dia lambata, dia memiliki fitur senjata di lengan kanannya yang mampu mengeluarkan bola spons dengan kecepatan sekitar 140 kph.

"Sebagai robot yang terinspirasi anime yang dapat ditunggangi, saya pikir adalah robot terbesar di dunia," kata Nagumo.

Namun karena ukurannya yang agak terlalu besar, robot ini tidak dapat meninggalkan pabrik tanpa dibongkar karena dibangun lebih tinggi dari pintu masuk pabrik tersebut.

(featured image : Japan Today)