Berita Jepang | Japanesestation.com

Otaku Coin Preparation Committee (OCPC) atau Komite Persiapan Otaku Coin, telah merilis sebuah paper berisikan konsep mengenai mata uang kripto tersebut pada 9 Mei lalu. Paper tersebut mengungkapkan bahwa komite tersebut merencanakan untuk merilis mata uang kripto Otaku Coin pada musim panas atau musim gugur tahun ini, dan sebuah voting platform telah disiapkan untuk tahun 2019.

Komite tersebut berencana untuk menerbitkan 100 miliar Otaku Coin secara sekaligus, tanpa penerbitan lanjutan setelahnya, dan juga merencanakan penerbitan wallet khusus pada waktu yang sama.

OCPC menyatakan bahwa penerbitan tersebut bukanlah initial coin offering (ICO) sehingga mereka tdak akan langsung menjual Otaku Coin pada peluncuran untuk mengumpulkan dana. Di antara coin yang diterbitkan, 61% akan “digunakan untuk membiayai proyek yang akan berkontribusi pada pengembangan budaya otaku”, atau akan didistribusikan secara cuma-cuma kepada pengguna. Sisanya sejumlah 39% akan dikontribusikan pada biaya operasi Otaku Coin Fund. Biaya operasional ini termasuk di dalamnya biaya pengembangan software, marketing, personel dan aktivitas, dan lain sebagainya.

Huawei MatePad Pro

Tokyo Otaku Mode pada awalnya mengajukan proyek ini pada Desember lalu, meskipun OCPC konon berfungsi secara terpisah. OCPC kini berencana untuk meluncurkan Otaku Coin Fund sebagai “organisasi yang jauh lebih tidak terpusat” sebelum meluncurkan mata uang kripto tersebut.

CEO Tokyo Otaku Mode Nao Kodaka menyatakan dalam sebuah wawancara dengan YouTuber Akidearest pada Maret lalu bahwa rencana pada saat itu adalah untuk mendistribusikan coin tersebut secara cuma-cuma pada pengguna Tokyo Otaku Mode terlebih dahulu.

Otaku Coin adalah token ERC20, yang berarti ia berjalan pada platform Ethereum. Sebuah mata uang kripto dengan model peluncuran yang serupa adalah Huobi Token, yang dirilis pada januari lalu di Tiongkok. Seperti Otaku Coin, Huobi jua dirilis dengan suplai yang memiliki batas atas, dan tanpa ICO. Pada peluncurannya, Huobi diberikan kepada pengguna yang membeli Huobi Pro Point Card dengan sistem sebagai loyalty point, sementara 40% sisanya digunakan untuk operasional.

Menurut paper konsepnya, tujuan dari Otaku Coin adalah untuk membolehkan para penggemar melakukan voting atau membiayai proyek tertentu, menghilangkan biaya konversi mata uang asing, dan mengimplementasikan program reward untuk aktivitas otaku seperti menonton anime atau membeli merchandise resmi.

Pemegang Otaku Coin akan diberikan voting token yang dapat digunakan untuk membiayai proyek melalui voting platform. Paper konsep mata uang kripto ini menggambarkan sederetan proyek yang mungkin dibuat: membiayai produksi anime, mendukung kreator konten, dan menciptakan atau memperluas toko dan event otaku. OCPC juga merencanakan untuk meluncurkan proyek percontohan sebelum meluncurkan platform tersebut.

(Featured image: Anime News Network)