Share on

Penampilan, pekerjaan, penghasilan, ada banyak cara untuk menilai seorang lelaki dari luar, namun, banyak perempuan yang hanya mengandalkan hal-hal kasat mata seperti itu untuk mencari pacar, dan berakhir dengan ketidakbahagiaan. Berikut adalah cara untuk mengenali lelaki yang benar-benar merupakan lelaki yang baik, meurut orang Jepang.

Advertise With Us

TIDAK SUKA MENYOMBONG

Orang-orang yang memiliki kepercayaan akan dirinya sendiri tidak akan bersikap sok. Dengan kata lain, orang yang sok malah akan terlihat tidak percaya diri.

Selain itu, orang-orang yang sok tidak akan diakui oleh orang di sekelilingnya, karena dengan bersikap sok, orang akan menangkapnya sebagai “orang yang tidak punya respek terhadap orang lain”. Orang yang tidak menghormati orang lain, sebaliknya juga tidak akan dihormati orang lain.

Cara termudah untuk melihat apakah seseorang sombong atau tidak, lihatlah apakah sikapnya arogan dan sok saat berhadapan dengan pelayan restoran atau supir taksi.

LAPANG DADA PADA SAAT KALAH

Kita dapat melihat kekuatan hati seseorang di saat ia kalah, dibandingkan saat ia menang. Perbedaan tersebut akan terlihat dari sikapnya terhadap orang yang lebih unggul darinya.

Orang yang hatinya lemah akan mencari ketenangan dengan mencari-cari kesalahan lawannya.

Orang yang hatinya kuat akan belajar dari keunggulan orang lain dan memanfaatkannya untuk mengembangkan diri.

Rasa cemburu pasti ada pada diri semua orang, namun yang mengalah pada rasa itu hanya orang yang hatinya lemah. Kelemahan hati ini akan menimbulkan banyak halangan di berbagai keadaan, sehingga sebaiknya memilih lelaki yang tidak kalah dengan kelemahan hati tersebut.

PEMAAF DAN PENGERTIAN

Ada orang yang lembut pada diri sendiri, sedangkan keras kepada orang lain. Bersama dengan orang yang seperti ini tentu menyesakkan bukan?

Seperti kata salah seorang tokoh Jepang, Eiichi Shibusawa, "Kita harus keras pada diri sendiri, dan pemaaf kepada orang lain, dengan demikian, orang tidak akan mudah membenci kita."

Jika kita coba bertanya pada orang yang pernikahannya bahagia, apa kelebihan suaminya, banyak yang menjawab, "Karena ia pemaaf, sehingga kami jarang bertengkar."

"Cubit diri sendiri agar tahu rasanya orang lain yang tercubit, perlakukan orang lain seperti halnya kamu ingin diperlakukan oleh orang lain, jika kamu menggunakan hati untuk berhubungan dengan orang lain, maka tentu tidak akan timbul masalah” atau, dengan kata lain, pengertianlah pada orang lain.

Kalau pihak lelaki pemaaf dan pengertian, tentu perempuan pun akan bisa merasa tenang.

ORANG YANG MENGASAH DIRI UNTUK DIRINYA SENDIRI

Orang yang mengasah diri terbagi dua, yang "mengasah diri agar diakui oleh orang lain" dan yang 'mengasah diri demi diri sendiri."

Orang yang mengasah diri sendiri karena ia ingin maju berada pada level pemikiran yang berbeda dengan yang ingin mengasah diri hanya agar terlihat menarik di mata orang lain. Orang yang mengembangkan diri untuk dirinya sendiri akan mendapatkan pesona yang sama sekali berbeda.

Mengasah diri adalah hal yang mudah diucapkan, namun sulit dilakukan. Seseorang harus menghadapi kelemahan dirinya, dan  melampauinya walau mungkin harus bekerja keras dan banyak merasakan sakit hati. Pada akhirnya, yang terpenting adalah "Pertarungan melawan diri sendiri" ini.

Oleh karena itu, lelaki yang baik akan mengasah dirinya bukan demi orang lain, tetapi demi dirinya sendiri.

"LELAKI YANG BAIK" AKAN MEMILIH "PEREMPUAN YANG BAIK” JUGA

Hal ini mungkin terdengar klise, namun lelaki yang benar-benar baik akan dapat menilai perempuan yang baik melewati penampilan luarnya, jadi, jika kalian ingin mendapatkan "lelaki yang baik," berusahalah untuk menjadi "perempuan yang baik" juga.

(Featured image: ironna.jp)