Share on

Hotel di Jepang tidak hanya menyediakan kamar untuk menginap bagi para pelanggannya, tapi beberapa di antaranya juga memiliki berbagai layanan unik, misalnya ada yang menyewakan seekor Alpaca untuk menjadi saksi pernikahan, menawarkan paket ninja untuk anak-anak, hingga yang dipenuhi dengan karya seni. Baru-baru ini hotel di Osaka bernama Hotel Relation menawarkan kamar untuk pelanggannya yang ingin menginap dengan mayat.

Seperti dilansir dari star-telegram.com, hotel yang oleh orang Jepang disebut "itai hoteru", atau hotel mayat ini menawarkan solusi praktis bagi mereka yang ingin menemani jenazah orang tercinta yang telah meninggal sebelum dikremasi. Seperti halnya hotel lainnya, tiap kamar pada hotel di Jepang ini juga dilengkapi tempat tidur, televisi layar datar yang menghiasi dindingnya, serta sikat gigi yang disediakan di kamar mandi. Sementara tempat jenazahnya beristirahat terletak tepat di seberangnya, dengan altar kecil dan ruang sempit yang dirancang untuk menampung peti mati dengan tutup transparan sehingga para pelayat bisa masuk ke dalam ruangan tersebut.

Hotel di Jepang Tawarkan Menginap dan Tidur Sekamar Dengan Mayat
image: BEN C. SOLOMON NYT

Keluarga di Jepang biasanya membawa jenazah orang tercinta mereka dari rumah sakit ke rumah dan duduk sambil tidur semalam di sebelahnya yang keesokan paginya dikunjungi oleh tetangga, rekan kerja dan teman-temannya sebelum jenazahnya dikirim ke krematorium di sore hari. Pihak keluarga juga biasanya menyimpan abu dari jenazah orang tercinta yang telah dikremasi selama 49 hari di rumah mereka sebelum penguburan di sebuah pemakaman.

Hotel di Jepang Tawarkan Menginap dan Tidur Sekamar Dengan Mayat
image: BEN C. SOLOMON NYT

Namun, belakangan ini pihak keluarga terkadang harus menunggu beberapa hari sebelum jenazahnya dikremasi karena proses pemakaman yang dulu melibatkan seluruh masyarakat menjadi semakin kecil hingga akhirnya hanya melibatkan keluarga inti. Seiring dengan penduduk Jepang yang menua dengan cepat, angka kematian per tahun yang meningkat dengan cepat, dan hubungan lingkungan yang telah melemah, membuat hotel di Jepang ini menjadi alternatif pemakaman bagi sejumlah keluarga.

Hotel mayat ini digunakan oleh keluarga yang menginginkan proses pemakaman yang lebih sederhana, atau ingin melewatkan proses pemakaman itu sama sekali. Paket termurah di Hotel Relation dipatok sebesar 185.000 yen, termasuk bunga, sebuah ruangan untuk keluarga bermalam di ruangan yang sama dengan jenazah, gaun putih tradisional untuk jenazah orang tercinta, peti mati yang sederhana, transportasi dari rumah sakit dan kemudian ke krematorium, serta sebuah guci untuk menyimpan abu. Biaya tersebut lebih ekonomis daripada biaya pemakaman pada umumnya di Jepang yang rata-rata mencapai 1,95 juta yen. Waktu checkout di hotel ini biasanya selambat-lambatnya pukul 3 siang.

Berani mencoba layanan hotel ini?

(Featured image: farodiroma.it)