Berita Jepang | Japanesestation.com

Seorang gadis SMA yang memegang Guinness World Records untuk "rambut terpanjang untuk remaja" telah memutuskan untuk memotong rambutnya tersebut dengan alasan yang mulia. Keito Kawahara, yang berusia delapan belas tahun, dari Izumi, telah menerima sertifikat Rekor Dunia untuk rambutnya yang memiliki panjang 155,5 cm pada 4 Maret lalu. Panjangnya melebihi rekor sebelumnya yaitu 152 cm.

Kawahara yang telah menumbuhkan rambutnya terus menerus sejak lahir, mengatakan dia memutuskan untuk menyumbangkan rambutnya untuk digunakan sebagai wig rambut manusia yang dibuat untuk mereka yang menderita rambut rontok karena penyakit atau efek samping dari perawatan medis.

"Saya akan senang jika rambut saya dapat berkontribusi untuk menyemangati seseorang, meski hanya sedikit," kata siswa kelas tiga SMA tersebut.

Huawei MatePad Pro

Kawahara lahir dengan sebaceous nevus, sejenis tanda lahir yang biasanya muncul di kepala, dan orang tuanya membiarkan rambutnya tumbuh untuk menutupi bekas luka yang ditinggalkan oleh operasi untuk menghapus tanda lahir tersebut. Perawatan rambut sehari-harinya dilakukan oleh anggota keluarganya. Ibu Kawahara, Miyuki, 46, bertugas untuk mencuci, sementara ayahnya, Yuichi, 48, bertanggung jawab untuk mengeringkannya. Yuichi mengatakan tugas itu telah menjadi "pekerjaan rutin" bagi mereka, dan itu juga memberikan waktu berharga bersama.

Namun, Kawahara mulai mengungkapkan keinginannya untuk "menikmati berbagai gaya rambut" ketika dia masih di sekolah menengah pertama, tetapi ibunya melarangnya dan mengatakan "terlalu bagus untuk dipotong."

Kawahara mengetahui tentang donasi rambut musim panas lalu ketika seorang model Akemi Darenogare membahas donasi wig rambut asli di akun Twitter-nya ketika dia memotong rambut panjangnya. Sejak saat itu Kawahara pun mulai memikirkannya. Wig yang terbuat dari rambut manusia terlihat lebih alami daripada yang terbuat dari serat sintetis, namun harganya lebih mahal. Bagi mereka yang kehilangan rambut karena masalah kesehatan, sebuah organisasi menyerukan sumbangan rambut panjang agar dapat memberikan mereka wig dengan harga yang lebih murah.

Dengan sertifikasi Guinness World Records, Kawahara memutuskan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memotong rambutnya. Awalnya, ibunya tidak senang dengan keputusannya tersebut, tetapi ayahnya mendukungnya sehingga ibunya menyerah. Namun, tanggal pasti untuk pemotongan rambutnya tersebut belum ditentukan.

(featured image: Guiness World Records Facebook)