Share on

Sneakers telah menjadi barang wajib sebagai statement fashion untuk banyak orang di seluruh dunia. Berkembangnya sneaker di industri fashion mendorong banyak brand-hi-fashion membuat snekaers yang dipadupadankan dengan streetwear. Dalam 4 tahun terakhir, Nike juga banyak melakukan kolaborasi dengan desainer hi-fashion Jepang yang pastinya dicintai para penggemarnya. Kali ini, tim JS merangkum 5 sneakers Nike kolaborasi dengan para desainer negeri sakura Jepang yang wajib kalian punya. Apa aja nih?

Advertise With Us

1. Nike X Sacai

sneakers Nike Jepang

Source: sneakernews.com

Sacai merupakan luxury brand Jepang yang diciptakan oleh Chitose Abe. Pada tahun 2019 awal Sacai merilis 2 varian sepatu yang berkolaborasi dengan nike yaitu Nike Sacai LDV Waffle dan Nike Sacai Blazer Mid.

Chitose Abe memulai karirnya sebagai pemotong pola di tempat Rei Kawakubo, pendiri dari Comme des Garçons dan di bawah asuhan Junya Watanabe. Dalam kolaborasinya bersama Nike, Chitose Abe memberikan ciri khas Sacai dengan menggabungkan dan mencampur 2 model sepatu yang dibuat Nike sebelumnya, yaitu Nike Waffle dan Nike Daybreak.

sneakers Nike Jepang japanesestation.com

Source: highsnobiety.com

Sampai tahun 2020 ini Sacai telah tiga kali merilis Nike Sacai LDV Waffle dan dua kali merilis Nike Sacai X Blazer.

Source: Nike.com

Source: Nike.com

Pada awal tahun, Sacai merilis Nike Sacai LDV Waffle yang berbahan nylon seharga  $150 - $170 USD atau sekitar 2,5 - 2,9 juta (kurs saat itu).

Source: sneakernews.com

Namun, untuk sekarang bagi kalian yang ingin mendapatkannya, kalian harus rela mengeluarkan uang lebih mulai dari 5jt - 12 juta rupiah untuk mendapat salah satu koleksi dari Nike x Sacai ini....

Source: sneakernews.com

2. Nike X Undercover Jun Takahashi 

Rekomendasi berikutnya adalah Nike Daybreak Undercover Jun Takahashi. Jun Takashi merupakan salah satu pemilik brand terkenal Undercover dan SueUndercover.

Lulusan Bunka Fashion College Tokyo ini memang sudah sering berkolaborasi dengan Nike; mulai dari React Element 87, Nike 720, Nike React boot, Nike Presto hingga yang paling sukses adalah Nike Undercover Daybreak Jun Takahashi yang dirilis tahun lalu.

Source: hypebeast.com

Ini adalah salah satu OG colorway dari Nike Daybreak Undercover. Karena sambutan pasar dan para pecinta sneakers, akhirnya Nike dan Jun Takahashi merilis beberapa varian warna baru  sekaligus ukuran khusus wanita.

Source: sneakerpolitics.com

Source: Nike.com

Source: endclothing.com

Sol bawah Nike Daybreak Undercover sama seperti Nike Sacai yang memiliki bentuk seperti cetakan waffle. Harga rilis resminya tidak jauh beda, sekitar $160 USD. Namun, untuk harga resellernya sendiri tidak setinggi Nike Sacai. Masih ada beberapa harga jual sekitar 3 juta saja, dan untuk yang paling mahal sekitar 5,5 juta.

3. Nike X AMBUSH

Brand AMBUSH baru-baru ini pun sukses berkolaborasi dengan Uniqlo, dan baru saja mengeluarkan jumpsuit Astroboy di ulang tahunnya. AMBUSH® merupakan perusahaan perhiasan kontemporer yang didirikan oleh Verbal, desainer asal Jepang, dan Yoon Ahn.

Source: www.ambushdesign.com

AMBUSH bekerja sama dengan Nike untuk mengeluarkan salah satu sepatu Nike yang cukup mempunyai nilai sejarah amat penting bagi Nike. Bahkan, mereka merayakannya khusus selama satu hari yaitu Nike Airmax Day. Di sini, AMBUSH bersama Nike menciptakan model baru sneakers yang dirilisnya, yaitu Air Max 180.

Source: www.ambushdesign.com

Salah satu modelnya adalah bintang Terrace House: Aloha State sekaligus brand ambassador Nike Jepang yaitu Lauren Tsai.

Source: www.ambushdesign.com

Source: www.ambushdesign.com

Tidak hanya sepatu, dalam capsule collection-nya ini AMBUSH bersama Nike juga mengeluarkan produk-produk lain seperti jaket, baju, dan celana.

Source: www.ambushdesign.com

Source: www.ambushdesign.com

Harga sepatu tersebut ketika dirilis adalah 200 USD.

4. Nike X Fragment Design

Fragment Design adalah perusaah milik desainer Hiroshi Fujiwara. Sama seperti Undercover, Fragment Design telah berkolaborasi dengan Nike sejak lama. Kolaborasi mereka antara lain, Nike Socks Dart, Nike Roshe Run, dan Nike Air Force 1. Yang paling menarik perhatian banyak orang adalah ketika Fragment Design dan Nike mengeluarkan sepatu dengan label pemain legenda NBA, yaitu Nike Air Jordan 1 x Fragment Design pada tahun 2014.

Source: highsnobiety.com

Tidak jauh berbeda seperti kolaborasi-kolaborasi Jordan pada umumnya, yang paling terlihat signifikan oleh mata adalah hadirnya logo Fragment Design pada bagian sepatu.

Source: highsnobiety.com

Dirilis pada 2014 ini, sepatu ini memiliki harga retail sebesar 165 USD. Namun, siapa sangka sepatu ini termasuk dalam jajaran harga termahal dari kolaborasi Nike. Harga resell-nya menembus angka lebih dari 135,000,000 rupiah. Yap, kamu gak salah baca dan dengan harga segitu sih kamu bahkan  bisa jalan-jalan puas ke luar negeri! Bagi para pecinta sneakers, ini merupakan sebuah karya masterpiece sehingga dapat menembus harga sangat tinggi.

5. Nike X Comme des Garçons

Yang terakhir, adalah kolaborasi Nike bersama Comme des Garçons. Banyak yang mengira Comme des Garçons adalah brand Eropa karena namanya dalam bahasa Perancis. Nyatanya, Comme des Garçons diciptakan  Rei Kawakubo pada tahun 1973.

Dalam daftar ini, Comme des Garçons bisa dibilang memiliki kolaborasi paling sering dan banyak bersama Nike. Yang menarik perhatian adalah Nike Dunk High Comme des Garçons Clear. Sepatu yang dikeluarkan pada tahun 2017 ini sempat membuat heboh para pecinta sneakers, karena merupakan kolaborasi Nike yang cukup berani dengan membawa konsep clear pada sepatu sneakers Nike Jepang ini.

Source: www.sneakerfreaker.com

Source: www.sneakerfreaker.com

Source: www.sneakerfreaker.com

Bahan-bahan pvc clear sendiri merupakan salah satu trend fashion di Jepang yang sampai saat ini merupakan sebuah identitas yang kuat yang digunakan para remaja di Jepang.

Ketika dirilis, harga retail sepatu ini pun sudah cukup mahal yaitu sekitar 290 USD, dan dalam sehari langsung habis. Sehingga, harga retailnya pun meroket hingga tembus 50.000.000 rupiah sampai saat ini.

 

Yap, jadi itulah 5 daftar sneakers Nike Jepang yang berkolaborasi dengan desainer hi-fashion asal negara tersebut. Selain 5 di atas, ada gak sih snekaers Nike lain yang wajib kalian punya juga?