Share on

Tidak hanya dikenal dengan teknologi dan kultur otaku-nya, Jepang juga dikenal dengan fashion-nya lho. Bukan Cuma mengadaptasi fashion barat dan mengembangkannya, Jepang juga punya beberapa brand fashion yang paling berpengaruh di tren fashion dunia! Brand apa sajakah itu?

Advertise With Us

High Fashion

Tokyo memang dikenal sebagai salah satu kota paling fashionable di Jepang.. Karena itu, tak heran jika kota ini dipenuhi dengan orang yang mengenakan pakaian dari brand fashion high end seperti Gucci, Prada, dan lain-lain sangat populer di negeri sakura ini. Nah, meski brand fashion high end di atas sangat populer di Jepang, ternyata negara ini punya brand high fashion sendiri lho!

COMME des GARÇONS (CDG)

brand fashion Jepang japanesestation.com
Koleksi COMME des GARÇONS (CDG) - (otashift-tokyo.com)

Bisa dibilang COMME des GARÇONS (CDG) adalah brand paling terkenal di Jepang, dan Rei Kawakubo lah desainer paling tersohor di negara ini. Ya, brand ini didirikan oleh Kawakubo pada tahun 1969 dan berfokus pada pakaian wanita. Lini pakaian prianya sendiri hadir pada tahun 1981 setelah debutnya di Paris. Kini, brand ini menjadi salah satu brand fashion terpopuler baik di Jepang maupun di seluruh dunia.

COMME des GARÇONS biasanya memanfaatkan penggunaan kain distressed dan menggunakan warna dominan hitam dengan pendekatan avant-garde, dan sering bermain dengan siluet-siluet tidak biasa dan berlebihan.

Selain memiliki 5 cabang di Jepang (2 di Tokyo, Kyoto, Fukuoka dan Osaka), CDG memiliki berbagai toko di seluruh dunia, seperti London, Paris,  Seoul, New York, Beijing, Hong Kong dan St. Petersburg, sebagai konsensi di beberapa toko, dan terkadang membuka Guerilla stores selama setahun di beberapa kota terpilih. Selain itu, ada beberapa toko berkonsep, seperti TRADING MUSEUM COMME des GARÇONS di Tokyo.

YOHJI YAMAMOTO

brand fashion Jepang japanesestation.com
Koleksi YOHJI YAMAMOTO - (otashift-tokyo.com)

Desainer paing terkenal di Jepang lainnya adalah Yohji Yamamoto. Dua koleksi utamanya, Y’s dan Yohji Yamamoto, sangat populer di Jepang meski dikenal pula dengan kolaborasinya dengan brand lain, seperti Y-3 (kolaborasinya dengan Adidas). Ia juga sempat berkolaborasi dengan beberapa seniman, seperti Sir Elton John, dan aktor Jepang Takeshi Kitano.

Sama seperti Kawakubo, desainer yang mengatakan bahwa ia mencoba untuk membuat “pakaian pria untuk wanita” saat mendesain pakaiannya ini memilki desain pakaian yang didominasi dengan warna hitam dan avant-garde. Koleksinya memiliki siluet oversized, dan layering. Kolaborasi Y-3 miliknya juga dikenal karena memproduksi  beberapa sneakers yang paling diidam-idamkan orang pada zamannya.  

HIngga kini, ada lima toko, satu toko utamanya di Minami-Aoyama, dua di Paris (Toko Louvre store juga menyediakan Y’s), satu di London (termasuk Y’s), dan sebuah toko Y’s di Omotesando. Sebagai tambahan, ada berbagai konsesi di beberapa department store, serta sebuah toko Y-3  di  Omotesando.

Street Fashion

Japan memiliki kecenderungan untuk mengambil inspirasi dari negara lain dan “mengubahnya” menjadi milik mereka sendiri. Hal ini yang menjadi dasar penting bagi Jepang dalam membuat desain street fashion saat ini. Nah, salah satu brand street fashion paling terkenal di Jepang adalah Undercover.

Undercover

brand fashion Jepang japanesestation.com
Koleksi Undercover (otashift-tokyo.com)

Sesuai dengan motonya, “We make noise not clothes,” brand yang dibuat oleh Jun Takahashi ini telah bertahan selama 30 tahun lebih dengan memadukan pop culture dengan elemen unik seperti goth, punk, dan elemen shibari.  

Undercover adalah salah satu brand klasik “cool Japan” yang seaakan meneriakkan kebebasan bereskpresi. Brand ini juga merupakan brand street wear paling konsisten dan paling mampu bertahan di Jepang.

Kini, ada 2 toko flagship di Tokyo, dan berbagai  stockist serta konsesi di seluruh dunia.  

Casual

Meski Jepang memproduksi high fashion luar biasa dan street wear yang imajinatif, tentunya tidak semua orang tertarik dengan gaya fashion seperti itu kan? Ada yang lebih memilih kaos dan celana sederhana dengan bahan berkualitas dan harga sewajarnya, seperti dua brand di bawah.

UNIQLO

brand fashion Jepang japanesestation.com
UNIQLO Ginza (otashift-tokyo.com)

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan brand satu ini? Brand satu ini memang sudah ada di mana-mana, termasuk di Indonesia! Namun, jika suatu saat kamu mengunjungi Tokyo, wajib banget nih mengunjungi UNIQLO Ginza (Chuo). UNIQLO Ginza adalah toko UNIQLO raksasa dengan 13 lantai yang memiliki banyak pilihan, dan karena ini adalah UNIQLO, tentu saja harganya juga cukup terjangkau!  

BEAMS

brand fashion Jepang japanesestation.com
Koleksi Beams (otashift-tokyo.com)

Beams adalah brand fashion Jepang yang telah berdiri sejak 1976 silam. Koleksinya bervariasi, mulai dari kaos basic, pakaian dalam, bahkan dekorasi interior dan furniture!

Beams punya banyak cabang di seluruh penjuru Jepang. Tak hanya itu, mereka juga memiliki toko di Taipei, Bangkok, Hong Kong, dan Beijing.

Nah, itulah 5 brand fashion Jepang yang paling berpengaruh di tren fashion dunia!