SHARE THIS ARTICLE

kobebeefAda banyak alasan mengapa para turis berwisata ke Jepang. Selain Menikmati Keindahan Alam, para wisatawan memiliki minat yang besar untuk mencoba masakan khas Negeri Matahari Terbit ini, dari jajanan pasar Okonomiyaki dan Takoyaki sampai makanan berat seperti Ramen dan Sushi, yang sudah tidak asing di telinga kita. Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan dan belakangan ini menjadi trend di seluruh dunia, yaitu Kobe atau daging Sapi Kobe. Daging ini terkenal sebagai makanan yang lezat, dikarenakan kekayaan rasanya, kelembutan dan kepadatannya, juga teksturnya yang lembut. Selain disajikan sebagai steak, saat ini Kobe Beef mulai diikut sertakan dalam hidangan sukiyaki, teppanyaki, dan Nasi Hayashi.

Kobe Beef adalah potongan daging sapi yang berasal dari jenis sapi hitam Tajima dari proses ternak Wagyu (aka. Sapi Jepang), yang dipelihara menurut tradisi dari Prefektur Hyogo di Jepang. Daging ini terkenal sebagai makanan yang lezat, dikarenakan kekayaan rasanya, kelembutan dan kepadatannya, juga teksturnya yang lembut.

Sebagai sukiyaki, Kobe Beef diiris tipis dan direbus dengan bumbu kecap asin atau saus Warishita yang merupakan campuran kecap asin, gula pasir dan kecap mirin bersama sayuran dan tahu dalam panci besar. Irisan daging kemudian dinikmati dengan dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam. Sayur-sayuran yang digunakan adalah bawang Bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake, dan jamur enoki. Dalam hidangan Teppanyaki, Kobe Beef disajikan dalam potongan-potongan kecil yang diberi bumbu lalu dipanggang. Teppanyaki dapat dinikmati dengan nasi, salad sayur, dan sup miso. Salad sayur biasanya menggunakan irisan kubis dan wortel yang sudah direndam dengan air cuka.

Selain itu, Kobe Beef juga digunakan dalam makanan khas Jepang yang disebut Nasi Hayashi. Dalam hidangan ini, bahan yang digunakan adalah bawang Bombay yang ditumis dengan mentega hingga empuk di dalam saus tomat dengan anggur merah. Anggur merah tersebut membuat aroma masakan menjadi harum. Saus ini biasanya dihidangkan di atas ataupun bersampingan dengan nasi panas. Nasi Hayashi menyerupai nasi kari Jepang dan sering kali ditampilkan sebagai kelompok kari pada menu makanan di restoran.

Terlepas dari banyaknya produk daging sapi Amerika yang diberi label Kobe, Kobe Beef asli Jepang tidak dijual di negara mana pun di luar Jepang, dengan pengecualian di Macau dan Hongkong. Hanya Beberapa Tour Jepang yang memberikan pengalaman kuliner di negeri sakura ini

Source : exploringnation.com
COMMENT