SHARE THIS ARTICLE

Beberapa tahun silam, sebuah kuil di Tokyo bernama Ryohoji yang terletak di distrik Hachioji mulai menggunakan gadis-gadis moe – karakter anime yang seksi dan imut – untuk mempromosikan kuil tersebut. Mereka meletakkan tanda baru di bagian pintu masuk dengan gadis moe menjelaskan mengenai denah kuil. Kuil tersebut lalu menjadi destinasi wisata minor bagi otaku dan lalu dikenal dengan sebutan moe-dera (“kuil moe“).

Sebelum kuil moe muncul, orang-orang telah tertarik baik pada ilustrasi Buddha dan gadis kartun muda, dan mereka menikmati hobinya secara terpisah. Namun kini, orang-orang cerdas dari Ryohoji memunculkan figur moe resmi dari Benzaiten. Mungkin mereka berpikir sang dewi membutuhkan sentuhan anime…

Benzaiten (terkadang hanya disebut dengan Baiten) merupakan dewi Buddha Jepang yang aslinya merupakan dewi Hindu bernama Saraswati. Inilah tampilan sang dewi yang biasanya.

1b awaji

Dan inilah dia dalam bentuk moe-nya:

1c l_haru_benten02

Dengan tinggi 21 cml, Toro bentenzou (とろ弁天像) merupakan sebuah model dengan skala 1/8. Figurin ini dibuat oleh seorang desainer figure bernama Takeshi Miyagawa yang dibuat berdasarkan ilustrasi original karya Toromi.

1d l_haru_benten03

Jika kalian tengah menatap sisi kosong dalam lemari dan bingung apakah akan mengisinya dengan patung Buddha atau figure anime seksi, website resmi Ryohoji kini membuka pre-order. Figure dalam jumlah terbatas juga akan tersedia di Hachioji Ichou Festival yang akan dilaksanakan tanggal 15 November. Dengan harga 12.960 yen (US$119), harganya sebetulnya tak terlalu tinggi.

Ini bukan gebrakan unik pertama dari kuil anime Tokyo – mereka juga meluncurkan game smartphone bertema Buddha beberapa waktu silam, dan tahun lalu mereka membuka maid cafe di halaman kuil. Keorisinalitasan mereka patut dikagumi!

Pintu masuk kuil
Pintu masuk kuil
Penjelasan tentang denah kuil
Penjelasan tentang denah kuil
Source : RocketNews24
COMMENT