SHARE THIS ARTICLE
photo via 2ch
Photo via 2ch

Apa di antara kalian ada yang menyukai pedang katana? Para wanita di Jepang kini sedang menggandrungi pedang katana lho. Tren terbaru ini, yang dinamakan “katana joshi” (カタナ女子), telah menjadi tren di Twitter dan banyak diberitakan di beberapa acara TV di Jepang. Tidak ada yang melarang para wanita menyukai katana, tapi hal seperti ini dahulu biasanya hanya dilakukan oleh para orang lanjut usia. Tapi kini para wanita muda banyak yang membicarakannya, bahkan ada yang mengunjungi museum atau pameran pedang hanya untuk melihat-lihat pedang tersebut.

Photo: mokuren3100
Photo: mokuren3100

Dilansir dari kotaku.com, dalam sejarah Jepang, para wanita tidak membawa pedang, begitu juga pria biasa. Pedang tersebut hanya ditujukan untuk para samurai yang tangguh. Selain menjadi simbol dari kerajinan dan kecakapan teknologi buatan Jepang, pedang ini juga merupakan karya seni yang menakjubkan.

Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (2)
Photo: Story_terror
Photo: netalia_news
Photo: netalia_news

Tapi, kenapa sih tiba-tiba ada peningkatan dalam hal kegemaran terhadap pedang ini? Ternyata tren ini berasal dari game browser online yang disebut Touken Ranbu. Game yang diluncurkan awal tahun ini menampilkan para pria tampan sebagai karakternya dan sangat populer di kalangan wanita muda. Touken Ranbu sendiri memiliki lebih dari satu juta pemain yang terdaftar di Jepang. Saat ditanya oleh suatu acara berita Jepang mengapa para wanita menyukai pedang katana, sebagian besar dari mereka menjawab karena pengaruh game ini.

Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (2)
Photo: real_time_words
Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (3)
Photo: m9rn

Tren ini tidak muncul begitu saja. Beberapa tahun yang lalu, para wanita juga menyukai video game Sengoku Basara, yang menampilkan para pria samurai tampan yang terkenal, menjadi sangat populer. Mereka merupakan bagian dari subkultur reki-jo (wanita penyuka sejarah), yang pada dasarnya merupakan otaku sejarah yang suka mempelajari tentang samurai. Tren wanita penggemar katana ini juga telah memunculkan olahraga yang menggunakan pedang Jepang, yang sebenarnya telah ada sebelum tren terbaru ini.

Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (5)
Photo: sayurinowaraeru
Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (6)
Photo: akatennmyfrien1
Katana Joshi, tren terbaru wanita penggemar pedang katana di Jepang (7)
Photo: shoko55mmts
Source : kotaku.com
COMMENT