SHARE THIS ARTICLE

Kamakura Matsuri adalah sebuah festival yang telah dirayakan selama lebih dari 450 tahun oleh para penduduk kota Yokote di Prefektur Akita. Festival tersebut awalnya merupakan ritual lokal untuk merayakan tahun baru imlek. Anak-anak membuat Kamakura untuk menghormati dewa air, Suijin. Sekarang festival ini sangat terkenal dan mampu menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Secara literal, Kamakura memiliki arti rumah kecil yang terbuat dari salju. Pada saat festival berlangsung, akan terdapat lebih dari 100 rumah salju yang tersebar di penjuru kota Yokote. Pada masa itu, shuttle bus gratis juga disiapkan untuk berkunjung ke tempat-tempat dimana terdapat Kamakura. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa didatangi saat festival ini berlangsung.

Futabacho Kamakura Street

Pengunjung yang melewati Kamakura akan diundang masuk dan disuguhkan hidangan khas lokal oleh anak kecil setempat seperti, amazake (minuman sake manis dari beras), yakimochi (kue beras panggang), shiruko (sup kacang merah), dan lain-lain. Jangan lupa untuk membungkuk dan menangkupkan kedua telapak tangan untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada dewa air yang diabadikan di dalamnya.

kamakura-matsuri-festival-musim-dingin-di-kota-yokote1
(image: mizu.gr.jp)

Yokote Park

Taman ini merupakan tempat yang sempurna untuk mengagumi Kamakura. Berlatar belakang Kastil Yokote dan lampu-lampu yang indah, tidak ada ada tempat lain di Jepang yang dapat menyuguhkan pemandangan ini.

kamakura-matsuri-festival-musim-dingin-di-kota-yokote2
(image: ikidane-nippon.com)

Hagurocho Bukeyashiki Street

Kamakura juga bisa dijumpai di Bukeyashiki Street, yang merupakan tempat kediaman para samurai di jaman Edo.

kamakura-matsuri-festival-musim-dingin-di-kota-yokote3
(image: 4travel.jp)

Yokote Minami Elementary School

Di halaman sekolah dasar Yokote Minami juga dihiasi dengan miniatur Kamakura yang dibuat oleh siswa. 3D video mapping yang diproyeksikan pada dinding sekolah menghasilkan harmoni indah dengan lampu lilin di dalam mini Kamakura.

kamakura-matsuri-festival-musim-dingin-di-kota-yokote4
(image: winter.yokonavi.net)

Berminat untuk mendatangi festival ini? Festival ini diadakan pada tanggal 14-16 Februari tiap tahunnya.

(Featured image: ikidane-nippon.com)

Sources :
COMMENT