SHARE THIS ARTICLE

Kakifurai-Wisata-Kuliner-Jajanan-Lezat-Khas-Sendai1 (1)Ada banyak sekali hal menarik yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke negeri sakura, Jepang. Hal menarik tersebut antara lain adalah alamnya yang indah, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat, budaya masyarakatnya yang sangat beragam, dan tentunya pilihan wisata kuliner yang sangat banyak.

Soal sajian kuliner, tidak sedikit para wisatawan yang sengaja datang ke Jepang hanya untuk memenuhi keinginan lidahnya dan tertarik dengan aneka kuliner di Jepang. Salah satu sajian kuliner yang diandalkan di Jepang adalah tiram yang dalam bahasa setempat dikenal sebagai kakifurai.

Sekedar informasi bahwa Jepang bersama dengan Prancis adalah negara yang cukup sukses untuk memanfaatkan tiram sebagai bahan untuk kuliner andalan. Bahkan ada beberapa daerah di Jepang yang sudah dikenal luas sebagai sentra penghasil tiram dan wisata kuliner tiram seperti Matsuhima, Sendai, dan lainnya.

Misalnya saja di Matsuhima, Anda dapat melihat tiram-tiram yang diikat di tali yang menjuntai langsung ke laut. Dalam kebiasaan orang Jepang, tiram dihidangan dengan dimasak lebih dulu atau bisa juga dimakan mentah.

Jika dimakan dalam keadaan mentah, maka tiram yang telah dipanen dari laut hanya perlu diberi air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Lantas apakah itu kakifurai? Ini sebenarnya adalah tiram yang dimasak dengan cara digoreng.

Kakifurai-Wisata-Kuliner-Jajanan-Lezat-Khas-Sendai1 (2)Namun untuk memasak tiram tersebut tidak hanya sekedar memasukkan tiram ke dalam minyak panas di penggorengan seperti saat menggoreng pada umumnya karena bisa-bisa akan menyebabkan ledakan yang dapat membahayakan Anda dan orang lain. Tiram itu harus dibalut lebih dulu dengan tepung agar tidak menyebabkan ledakan yang berbahaya.

Lantas bagaimanakah cara memasak tiram goreng atau kakifurai ini? Tiram yang telah dicuci bersih pertama-tama akan dicampur dengan parutan lobak kemudian didiamkan selama beberapa menit. Selama didiamkan, semua kotoran yang menempel di tiram akan diserap oleh parutan lobak. Selanjutnya, tiram dicuci lagi dan dipisahkan dari parutan lobak.

Setelah bersih, tiram dibumbui dengan merica, ketumbar, dan garam. Aduk sampai rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian lumuri tiram dengan tepung kanji. Jika tiram berukuran terlalu kecil, tiram tersebut dapat digabung dengan dua tiram kecil lainnya.

Berikutnya, lumuri gumpalan tiram tadi dengan putih telur dan dibalut dengan tepung roti. Nah tiram itu pun siap digoreng seperti proses menggoreng biasa dan kakifurai siap disajikan. Makanan ini dapat disajikan bersama dengan saus atau mayones atau saus lainnya sesuai selera.

Kakifurai-Wisata-Kuliner-Jajanan-Lezat-Khas-Sendai1 (3)Selain disajikan bersama saus, kadang makanan ini juga disajikan dengan salad mengingat orang Jepang yang gemar makan sayur. Jika Anda ingin mencobanya saat wisata kuliner di Jepang, Anda dapat menjumpai kedai yang menjual makanan ini, khususnya yang berada di kawasan Sendai.

Source : travel.yukpegi.com
COMMENT