SHARE THIS ARTICLE

Konbanwa minasan!
Siapa di antara kalian yang suka dengan make-up yang sempat trend di kalangan anak muda Jepang, Gyaru?

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (16)

Aku suka banget dengan make-up Gyaru. Bahkan kadangkala sampai ke kehidupan sehari-hari. seakan-akan style Gyaru sudah menjadi bagian dari keseharianku. Mulai dari make-up, hairstyle hingga fashion. Dari awal aku memang menyukai semua fashion Jepang, mulai dari Lolita, Gothic, V-kei, Gyaru dan masih banyak lainnya. Namun hanya Gyaru Style yang paling menjadi favoritku

Nah, kali ini aku akan memberikan tutorial Gyaru Eyes. Di mana pada Gyaru Style, yang paling ditekankan adalah mata, riasan mata adalah yang paling menonjol di antara yang lainnya.

Biasanya, untuk berdandan ala Gyaru, selain permainan eyeliner dan bulumata, softlens memegang peranan penting loh… Karena dengan memakai softlens, tentunya akan semakin menjadikan mata ala Gyaru kita semakin terlihat besar dan lebih ‘berbicara’.

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (25)

1. Goreskan eyeliner cair berwarna hitam di garis atas mata.
2. Kemudian lanjutkan goresan di bagian bawah garis mata dengan menggunakan eyeliner pencil (Supaya hasilnya tidak terlalu pekat dan bisa diatur tebal tipisnya)
Goreskan tebal mulai dari ujung luar mata, dan semakin ke tengah semakin tipis.
3. Pasanglah bulumata palsu. Kalian juga bisa menambahkan bulumata palsu di bagian bawah mata kalian, atau hanya mempertebal bulumata bawah kalian dengan maskara.
4. Aplikasikan eyeshadow berwarna hitam di garis ujung luar mata hingga ke dalam, untuk semakin mempertegas garis yang sudah kalian gambar menggunakan eyeliner tadi.
5. Kalian juga bisa menambahkan eyeshadow berwarna putih di bagian sudut dalam mata, hingga ke garis bawah mata, seperti foto di bawah ini:

Detail Gyaru Eyes:

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (3)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (24)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (7)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (45)

Gimana? sudah dicoba make-up Gyaru Eyes-nya?
Nah selanjutnya kita beralih ke make-up untuk bibir.
Di sini aku akan memberikan 3 macam make-up untuk bibir. Masih sama dengan tema kita kali ini, Gyaru make-up.

Suka Gradient Lips?
Kalau aku hampir selalu mengaplikasikan gradient lips ke manapun aku pergi, sehari-hari, maupun pada waktu photosession, tergantung konsep dan tema pada saat itu. 🙂

Gradient Lips membuat bibir terlihat lebih manis dan terkesan soft. Dengan warna yang lebih gelap di bagian dalam, dan kemudian semakin terang di bagian luar.
Langsung ikuti tutorialnya yuk! ^^

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (2)

1. Goreskan lipbalm untuk melembabkan bibir yang pecah-pecah. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 5 menit. (Tips: Sebelum ber-make-up, lebih baik oleskan lipbalm terlebih dahulu di bibir, biarkan bibir ternutrisi dan menjadi lembab, ini dilakukan supaya lipbalm yang kita goreskan tadi meresap terlebih dahulu, sehingga ketika kita akan memakai lipstick/liptint nantinya, bibir akan terlihat sehat, lembab, tidak kering dan pecah-pecah. Karena bila bibir terlihat kering dan pecah-pecah, ini akan membuat penampilan kita terlihat tidak fresh.

2. Oleskan foundation, Kemudian bubuhkan bedak setelah mengaplikasikan foundation. Tujuannya adalah supaya lisptick atau liptint yang kita pakai akan lebih awet dan tahan lama.

3. Goreskan liptint di bagian dalam bibir. dan ratakan menggunakan jari. (ingat, hanya goreskan di bibir bagian dalam dengan warna yang paling gelap, dan baurkan hingga ke bibir bagian tengah, sehingga sudah mulai terlihat gradasi dari gelap ke warna yang setingkat lebih terang.

4. (OPTIONAL) Kemudian oleskan lipgloss yang berwarna lebih terang daripada warna liptint. Oleskan dari tengah bibir hingga ke bagian terluar. (Oleskan sedikit dan tipis saja, fungsinya hanya untuk membaurkan warna, dan semakin menyempurnakan gradasi yang kita buat, sehingga terlihat semakin cantik dan alami.)
Bagian nomor 4 optional. Bisa dilewati dan langsung loncat ke no.5

5. Terakhir, goreskan lipgloss bening (tidak berwarna). Supaya Gradient Lips yang kita buat terlihat berkilau.

6. And you’re done! ^^

Berbeda dengan gradient lips, Sampai sekarang, banyak sekali yang bertanya padaku, bagaimana membuat bibir yang terlihat seakan-akan seperti dolly lips.
Kali ini aku akan memberikan tutorial tentang bibir lagi, tapi berbeda dengan gradient lips. Kalau gradient lips memiliki gradasi warna dari gelap dan semakin terang di luar. Nah, kali ini aku akan memberikan tutorial tentang Shiny Lips. Simak terus yuk!

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (33)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (34)

Shiny Lips, bibir kalian akan terlihat bersinar bagaikan permata. *HUAHAHA perumpamaan aja.
Eh… ngomong-ngomong, di gambar di bawah yang sebelah kanan, bibirku terlihat *cling* banget. Itu bukan editan lho… Kebetulan banget waktu foto terus lihat hasilnya sempet heran *Lho kok kinclong banget yah* Sampe ada pantulannya juga hahaha. Mungkin kinclong-nya makin kelihatan karena efek flash kamera XD.

Oke, langsung ikuti tutorialnya aja yuk!…

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (32)

1. Oleskan lipbalm di bibir kalian dan diamkan beberapa menit (biasanya aku sekitar 2 -5 menit supaya lipbalm meresap ke dalam bibir dan melembabkan bibir sebelum memakai lipstick. Selagi menunggu aku memakai foundation terlebih dahulu dan lain sebagainya).
2. Pulaskan lipstick dengan warna kesukaan kalian.
3. Kemudian tambahkan lipgloss yang berwarna bening (ini faktor terpenting untuk membuat bibir kalian terlihat shiny!).

Selesai! Nggak susah dan nggak butuh waktu lama untuk membuat shiny lips. Kuncinya ada pada lipgloss yang kalian oleskan setelah lipstick yang kalian pakai. Selamat mencoba! ^^

Selanjutnya kita akan mencoba make-up bibir yang terlihat lebih berani.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bibir yang berwarna merah menyala memiliki kesan yang seksi dan berani. Karena kesan inilah, maka tidak banyak wanita yang suka memoleskan lipstick yang berwarna merah menyala di bibirnya, ini beralasan karena sebagian dari wanita takut terlihat terlalu mencolok, menor, dan lain sebagainya, sehingga itu akan menjatuhkan rasa percaya diri.

Namun tahukah kalian bahwa warna bibir merah menyala itu tidak seburuk yang dipikirkan. Warna merah menyala pada bibir memang memberikan kesan berani, seksi, dan lain sebagainya. Tetapi, bila dipadupadankan dengan pakaian yang cocok, gaya rambut yang pas, maka akan terlihat serasi dan tidak akan terkesan norak.

Jangan takut untuk memoleskan lipstick berwarna merah di bibir kalian. Polesan lipstick merah cocok bila dipadukan dengan busana kerja, dengan rambut yang formal, bibir yang merah tidak akan membuat kalian terlihat terlalu berlebihan. Polesan lipstick merah juga cocok bila dipadukan dengan dress pesta yang bertema cukup seksi. Akan terlihat sangat sepadan bila dipadukan dengan hairstyle yang sesuai dan cocok.

Kalau kalian masih ragu-ragu, coba ikuti step by step di bawah ini yuk! 🙂

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (30)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (31)

Pertama-tama, poleskan lipbalm di bibir, tunggu 2 hingga 5 menit. ini bertujuan supaya bibir menjadi ternutrisi dan lembab, sehingga ketika kita memakai lipstick di langkah berikutnya, bibir tidak terlihat kering dan pecah-pecah. Bibir yang kering dan pecah-pecah akan terlihat buruk bila ditumpuk lipstick. Sembari menunggu, kalian bisa memakai make-up yang lain terlebih dahulu.

Kemudian setelah lipbalm meresap dengan baik, goreskan lipliner (pensil bibir). Lipliner berfungsi untuk mempertegas bentuk bibir. Lipliner juga bisa membuat bibir menjadi lebih tipis atau lebih penuh, semua tergantung bagaimana kita menggoreskan lipliner di bibir. Cara penggunaan lipliner sangat mudah, yaitu gariskan lipliner di pinggiran bibir. Bila kalian ingin bibir yang terlihat lebih penuh, gariskan lipliner di garis luar bibir, sehingga bibir terlihat lebih ‘berisi’.

Lalu jika kalian ingin bibir kalian terlihat lebih tipis, gariskan lipliner di garis dalam bibir. (Jangan lupa kalau kalian ingin bibir kalian terlihat tipis, selain memoleskan lipliner dan lipstick di garis dalam bibir, oleskan concealer terlebih dahulu di daerah sekitar bibir, jadi garis bibir kalian yang asli tidak terlalu terlihat).

Nb. Untuk warna lipliner, sesuaikan dengan warna bibir kalian, dan sesuaikan juga dengan warna liptick apa yang akan kalian pakai.

Selanjutnya, pulaskan lipstick berwarna merah di dalam garis yang sudah kalian buat dengan lipliner tadi. Oleskan lipstick hingga memenuhi seluruh bagian bibir tanpa ada yang terlewatkan. Lipstick haruslah digoreskan secara merata khususnya pada bibir yang berwarna merah. Terakhir, optional, kalian bisa menambahkan lipgloss di atasnya. Lipgloss berfungsi untuk memberikan kilau di bibir, sehingga bibir terlihat berkilau.

Jangan takut untuk bermain warna ya! 🙂
Jangan takut untuk berkreasi hanya karena kalian takut akan penilaian orang lain tentang diri kalian.
Lakukan hal-hal positif yang kalian sukai, dan  percaya diri-lah, karena percaya diri adalah kunci yang sangat penting agar kalian bisa menghargai dan menncintai diri kalian sendiri. ^^

Berikutnya kita akan mencoba untuk menyapukan blush-on untuk semakin menyempurnakan make-up ala Gyaru kita. Sebelumnya, apa sih fungsinya blush-on?
Blush on berfungsi untuk memberikan warna pada tulang pipi. Warna yang dipakai biasanya pink dan tidak terlalu mencolok, supaya terlihat natural. Dengan pemakaian blush-on bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan bercahaya.

Berbeda dengan pemakaian blush-on pada umumnya yang biasanya disapukan pada tulang pipi, pemakaian blush-on pada Gyaru make-up lebih diaplikasikan ke apel pipi, bagian yang terlihat chubby ketika kita sedang tersenyum. Dan pada Gyaru eyes, pemakaian Blush-on cenderung lebih tebal daripada make-up pada umumnya.

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (27)

Blush-on selesai! Sekarang kita beralih ke kulit wajah ya!
Ini base untuk semua jenis make-up.

Siapa sih yang nggak mau punya wajah yang flawless? Setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang flawless. bahkan mungkin para pria juga menginginkannya. Nah, tapi masalahnya nggak semua orang memiliki kulit wajah yang sempurna. Percayalah, NOBODY PERFECT! Aku pun juga begitu… Ada aja noda bekas jerawat yang lama hilangnya. Tapi itu semua bisa disiasati dengan benda magic yang disebut make-up. Ya, the power of make-up. Hahaha…

Make-up mampu menyiasati kekurangan pada wajah dan menyempurnakan bentuk wajah. Salah satunya, yuk bermain dengan make-up untuk membuat wajah kalian terlihat flawless!

Eits, tapi ini hanya tutorial untuk membuat wajah kalian terlihat flawless dengan make-up yaa… Selebihnya, jadikan wajah kalian terlihat flawless alami dengan pola hidup yang teratur dan perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih bagus khasiatnya dan tidak berbahaya.

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (29)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (28)

Check this out!

1. Oleskan pelembab kemudian lanjutkan dengan face primer. Pelembab berfungsi untuk melembabkan wajah dan melembabkan kulit wajah yang kering, sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikan make-up. Jika kulit wajah kering, maka akan sulit untuk mengaplikasikan make-up. Akan terlihat banyak keriput di wajah dan juga kulit-kulit yang terkelupas, serta make-up tidak bisa membaur dengan kulit. Sementara itu fungsi dari face primer adalah untuk membuat make-up yang kita aplikasikan lebih bertahan lama).

2. Aplikasikan foundation di seluruh bagian wajah secara merata. (Kalian bisa menggunakan jari-jari tangan atau kuas. Disarankan memakai kuas, karena hasilnya akan lebih merata.)

3. Tambahkan concealer di bagian yang dibutuhkan dan di area yang lebih gelap. misal: area bawah mata, bekas jerawat dan noda kehitaman.

4. Kemudian aplikasikan bedak tabur terlebih dahulu pada seluruh bagian wajah, dan lanjutkan dengan pemakaian bedak padat setelahnya. Bedak padat akan menjadi sentuhan terakhir yang akan semakin menyempurnakan wajah flawless kalian.

5. Its your time, girls! Kini wajah kalian sudah terlihat flawless. Sekarang, berkreasilah dengan make-up kalian! Jangan takut untuk bermain dengan warna-warna terang. Padu-padankan sesuai dengan keinginan kalian, dan jangan lupa, sesuaikan tema make-up kalian dengan wardrobe yang kalian kenakan saat itu ya!

Make-up beres, sekarang kita beralih ke salah satu bagian yang nggak kalah penting. Yup, hairstyle!
Untuk hairstyle ala Gyaru ada bermacam-macam, seperti twintail atau diurai begitu saja dengan model keriting bervolume. Nah, kali ini aku akan memberikan tutorial cara membuat rambut curly yang bervolume ala Gyaru. Check this out!

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (49)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (47)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (48)

1. Bagi kalian yang berambut lurus, buatlah rambut kalian curly terlebih dahulu.
2. Lalu ambil setengah bagian dari rambut, dan kuncir dengan menggunakan karet rambut polos terlebih dahulu, atau kalian juga bisa mengikatnya langsung dengan menggunakan ikat rambut (untuk model ikat rambutnya, terserah kalian).
3. Sasak sedikit demi sedikit bagian rambut yang sudah diikat tersebut, supaya kunciran yang telah kalian buat itu terlihat lebih bervolume.
4. Setelah semua bagian rambut sudah disasak, lalu semprotkan hairspray pada seluruh bagian rambut, supaya hasilnya lebih awet, tahan lama dan tidak mudah berantakan.
5. Kalau kalian menggunakan karet rambut polos untuk mengikat rambut kalian, kalian bisa menambahkan aksesoris rambut seperti ribbon, atau yang lainnya, sesuaikan dengan kreasi kalian.

And, you’re Done! ^^

Fiuh, cukup panjang juga ya tutorial kali ini, tapi udah lengkap kan dari make-up sampai hairstyle. Sekarang coba croscek hasilnya yuk, dengan full make-up!

Foto dengan make-up lengkap:

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (42)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (39)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (23)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (24)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (45)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (37)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (41)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (40)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (43)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (22)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (21)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (19)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (18)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (17)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (38)

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Japanese Gyaru Make-up & Hairstyle Tutorial (8)

COMMENT