JKT48, Jembatan Persaudaraan Indonesia-Jepang


Tidak dapat dipungkiri, demam idol group JKT48 sudah mulai mewarnai belantika musik di Indonesia. Walau belum genap berusia satu tahun, idol group tersebut berhasil mendapatkan perhatian dari sebagian masyarakat di Indonesia. Uniknya, perhatian tersebut tidak hanya dari kalangan tertentu, melainkan dari berbagai kalangan, mulai dari pria, wanita, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Keberhasilan idol group JKT48 dalam merebut perhatian masyarakat di Indonesia dapat dilihat ketika idol group tersebut mengadakan konser tunggal pertama JKT48 Theater bertajuk “Pajama Drive di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pertengahan Mei 2012. Konser yang diadakan selama empat hari tersebut selalu penuh dengan fans JKT48, bahkan pada hari terakhir konser, ratusan fans harus pulang dengan tangan kosong karena tiket sudah sold out. JKT48 sendiri sebenarnya merupakan sister group pertama AKB48 yang dibentuk di luar Jepang.

Munculnya idol group JKT48 pada dasarnya tidak hanya menjadikan industri musik di Indonesia lebih bervariasi. Idol group yang diproduseri oleh produser asal Jepang, Yasushi Akimoto tersebut merupakan sister group pertama yang berbasis di luar negeri. Maka tidak heran jika warna negeri sakura sangat melekat di dalam setiap penampilan JKT48. Mulai dari musik yang beraliran gaya pop Jepang hingga kostum yang dikenakan sebagian besar identik dengan seragam pelajar yang ada di sekolah-sekolah di Jepang.

Adanya perhatian masyarakat di Indonesia terhadap kemunculan Melody dan kawan-kawan sebagai idola baru di dunia musik tentu bisa menjadi salah satu jembatan bagi persahabatan Jepang dan Indonesia. Melalui JKT48, dua unsur budaya Indonesia dan Jepang dapat dipadukan. Masyarakat Indonesia dapat melihat berbagai kebudayaan Jepang, mulai dari seni hingga budaya yang dibangun di lingkungan JKT48. Sementara itu, JKT48 juga bisa menjadi duta bagi Indonesia untuk memperkenalkan kebudayaan dan karakter masyarakat Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Lebih dari itu, Idol group yang didirikan pada 11 September 2011 tersebut tentu dapat menjadi inspirasi bagi kalangan remaja di Indonesia dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Penampilan yang mengagumkan di atas panggung dan di berbagai media, tentu didukung oleh persiapan dan kedisiplinan yang diterapkan kepada masing-masing personel JKT48 yang terdiri dari 24 personel. Hal tersebut dapat menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mencapai kesuksesan.

JKT48 sendiri pada bulan Juni akan kembali mengadakan konser tunggal JKT48 Theater. Antusiasme para fans JKT48 menyambut konser kedua sudah mulai terlihat. Tiket yang mulai dijual secara online sudah banyak dibicarakan di forum-forum online dan sosial media.


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

JKT48, Jembatan Persaudaraan Indonesia-Jepang

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini