Jepang Luncurkan Roket yang membawa teleskop untuk mengamati berbagai planet


130914091402_japan_rocket_304x171_afp

Jepang berhasil meluncurkan roket pertama dalam 12 tahun yang mengangkut teleskop ruang angkasa untuk mengamati berbagai planet.

Roket Epsilon berukuran setengah dari generasi roket ruang angkasa sebelumnya. Roket ini menggunakan alat khusus untuk memeriksa keselamatan. Badan ruang angkasa Jepang, Jaxa, mengatakan Epsilon dibuat dengan biaya US$37 juta, setengah dari biaya roket generasi sebelumnya.

Epsilon diluncurkan dari barat daya Jepang Sabtu siang (14/09) waktu setempat. Penduduk berkumpul untuk menyaksikan peluncuran yang juga disiarkan langsung malalui internet. Roket ini mengangkut teleskop yang disebut Jaxa sebagai teleskop ruang angkasa pertama di dunia yang akan dapat mengamati planet termasuk Venus, Mars dan Jupiter dari orbit Bumi.

Delapan orang saat peluncuran

Jaxa mengatakan roket berhasil merekam teleskop Sprint-A, sekitar 1.000 km di atas permukaan Bumi sesuai jadwal. Roket sebelumnya, M-5, tidak digunakan lagi pada tahun 2006 karena meningkatnya biaya produksi. Jaxa mengatakan Epsilon tidak hanya lebih murah dalam pengembangannya namun juga untuk biaya peluncuran. Dengan penggunaan alat periksa buatan, roket baru ini hanya memerlukan delapan orang saat peluncuran, dibandingkan dengan 150 orang saat peluncuran M-5.

Temuan baru ruang angkasa Jepang termasuk mengirimkan robot yang dapat berbicara ke stasiun ruang angkasa internasional. Jepang mengharapkan dapat meraih pasar dalam industri satelit, yang kini didominasi oleh badan Eropa, Ariannespace.

Sumber: BBC Indonesia


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Japanese Station
Japanese Station merupakan portal berita dan media online tentang musik, dunia hiburan, budaya, gaya hidup, kuliner dan informasi unik lainnya yang berhubungan dengan Jepang.

Jepang Luncurkan Roket yang membawa teleskop untuk mengamati berbagai planet

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini