Share on

Okinawa merupakan Hawaii milik orang Jepang. Bila kamu kebetulan berada di sana pada bulan Juni, bagaimana kalau datang ke Itoman, kota para nelayan yang terletak paling selatan dari pulau ini? Itoman menyelenggarakan sebuah festival di pelabuhan sebagai bentuk doa bagi keselamatan nelayan dan harapan agar menangkap ikan yang banyak. Diadakan setiap tanggal 4 bulan ke-5 dari penanggalan kalender bulan, festival bernama Itoman Hare ini menandakan datangnya musim panas.

Hare berasal dari Harebune, sebutan masyarakat Itoman untuk perahu naga yang dipakai saat lomba dayung. Kini perahu itu disebut sebagai Haryusen, tempat tim pendayung yang mewakili masing-masing desa di Itoman berlomba mendayung dengan jarak sekitar 800 – 1200 meter di sesi lomba Uganbare.

itoman hare

Ugan berarti berdoa dalam dialek Okinawa. Di perahu terdapat 10 pendayung, navigator, pemain gong, dan pemegang bendera yang berlomba sambil memberi syukur atas  berkah yang diberikan bagi para nelayan.

Yang tidak kalah menariknya adalah lomba Kunnukase. Para pendayung sengaja menceburkan diri ke laut dan membalikkan perahu  kemudian mengeluarkan air dari perahu secepat mungkin untuk meneruskan perlombaan.

Ada perlombaan yang bisa diikuti oleh semua kalangan. Beberapa bebek akan  dilepas disini dan kamu  boleh terjun ke dalam air untuk berburu bebek. Tentu saja, hasil tangkapan itu bisa dibawa pulang jika kamu  berhasil mengalahkan kelincahan bebek berenang.

Tidak hanya itu, terdapat bola-bola yang bisa ditukarkan dengan buah semangka atau ikan Tai (red sea bream) setelah kamu kembali ke daratan. Mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan, penjaga pantai ikut turun ke air untuk mengawasi lomba ini berjalan dengan lancar.

Sebagai final, ada perlombaan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Perlombaan bernama Agaisubu itu diikuti oleh pendayung terbaik dari tiap desa yang berlomba di jarak 2150 meter. Dibutuhkan kerja sama, ketekunan, serta fisik yang kuat untuk memenangkan perlombaan yang akan menjadi kebanggaan bagi desa nelayan yang menang.

Festival, perlombaan, dan laut. Unsur-unsur dalam Itoman Hare ini tepat bagi kamu yang ingin memulai musim panas di Jepang dengan kegiatan yang tidak terlupakan.

All images: festivalgo.huber