Share on

Okinawa adalah surga subtropikal bagi Jepang. Bagaimana tidak, di sana terdapat banyak pantai yang eksotis juga jejeran terumbu karang yang cantik. Tak hanya memiliki hal-hal demikian, di Okinawa pun juga ada gua dengan pemandangan yang tidak biasa, terutama dasar guanya itu sendiri. Gua yang dimaksud adalah Gyokusendo.

Advertise With Us

Umur gua terbesar yang ada di Okinawa ini diperkirakan sudah mencapai tiga ratus ribuan tahun, namun baru diketahui keberadaannya di tahun 1967.

Panjang gua Gyokusendo dari ujung ke ujung adalah lima kilometer. Dengan panjang gua yang demikian, akan banyak formasi stalaktit dan stalagmit yang unik.

Bagi yang belum pernah berpetualang ekstrem ke gua, kalian tak perlu khawatir. Karena di gua Gyokusendo ini disediakan jalanan berbahan metal yang strukturnya seperti jembatan dan lengkap dengan pembatas. Walau jalan tersebut hanya memberi akses sekitar 890 meter, hal ini tetap dirasa cukup karena suguhan pemandangan gua sudah mampu membuat pengunjungnya 'kenyang' akan keindahan di dalamnya.

Juga, tak perlu khawatir dengan suhu di dalam gua ini. Sepanjang tahun, suhu gua ini sekitar 21 derajat Celcius, yang berarti cocok dengan pengunjung Indonesia yang terbiasa menghadapi suhu yang sama dalam kehidupan sehari-hari.

Bagian yang menarik perhatian dalam gua Gyokusendo ini adalah adanya kolam air berwarna biru berkilau bak batuan topaz, lengkap dengan ikan-ikan gua yang berenang di dalamnya. Sebenarnya, kolam ini hanyalah genangan air biasa. Namun, karena diberi pencahayaan di bawah air yang tepat, kolam ini bisa tampak misterius, magis, namun tetap menarik.

Stalaktit dan stalagmit yang membentang di dalam gua ini pun diberi pencahayaan juga agar fitur fisiknya yang unik semakin terlihat.

gyokusendo

Bagi kalian yang sudah berpengalaman menjelajahi gua, mungkin wisata ke gua ini seperti terlalu jinak. Namun, tak perlu khawatir. Setiap hari dalam bulan Juli sampai September, pihak pengelola gua ini menyediakan layanan untuk mendampingi pengunjungnya menjelajahi daerah yang biasanya dilarang untuk dijelajahi dan tak bisa dilihat melalui jalanan metal yang disediakan. Untuk layanan ini, pengunjung harus reservasi terlebih dahulu.

gyokusendo

Masing-masing pengunjung akan diberikan helm keselamatan dan pakaian khusus agar tak mudah terluka. Beberapa bagian dalam gua ini perlu sedikit dipanjati. Namun, berhubung tur spesial ini bisa mengikutsertakan anak berusia enam tahun ke atas, seharusnya perjalanan yang akan dilewati tidaklah terlalu sulit.

Okinawa Prefecture, Nanjo City, Tamagusuku Maekawa 1336 Website

 

Source & All Images: Unmissable Japan