Share on

Jika membicarakan jalur persimpangan di Jepang, pasti nama Shibuya Crossing alias Shibuya Scramble Crossing lah yang pertama muncul di kepala. Bagaimana tidak? Jalur persimpangan ini sangat ikonik! Terletak di depan patung Hachiko di Stasiun Shibuya yang terkenal, kerap dijadikan “lokasi shooting” film yang belatar di Tokyo, dan saat kamu melihatnya dari udara, terkadang terlihat ribuan pejalan kaki menyebrang di saat yang sama, benar-benar memperlihatkan sisi Tokyo yang super sibuk. Tapi, sepertinya Shibuya Crossing bakal ada saingannya nih sebentar lagi, Jingumae Crossing di Harajuku!  

Advertise With Us

Jinguemae Crossing di Harajuku memang akan didesain sebagai rival Shibuya Crossing pada tahun 2022 mendatang. Persimpangan di mana Omotesando dan Harajuku bersinggungan itu akan mendapatkan sebuah bangunan raksasa bertipe kaledoskop yang mepesona sebagai centerpiece barunya.

Jingumae Crossing gedung baru japanesestation.com
Gedung kaca kaledoskop baru di Jingumae Crossing (grapee.jp)

Bangunan baru ini akan memiliki 12 lantai dengan dua lantai basement dan memiliki luas 3085 meter persegi. Dan bukan Cuma dari besar dan strukturnya, konsepnya yang estetik juga sangat eye-catching! Didesain oleh arsitek Jepang Akihisa Hirata yang mendesain Ota City Museum of Art and Library, bangunan baru ini akan didesain dengan menggunakan ruang reflektif, rangkaian cermin, dan space outdoor dengan tanaman hijau untuk "menggabungkan" lanskap kota, langit, dan indahnya alam. 

Jingumae Crossing gedung baru japanesestation.com
Gedung kaca kaledoskop baru di Jingumae Crossing (grapee.jp)

Konsep unik bangunan ini disebut "KNIT DESIGN" dan membagi strukturnya ke dalam dua area kaca. Area “umi” (laut) memiliki permukaan kaca yang sangar reflektif dan dapat merefleksikan perubahan musim, seperti merefleksikan langit, pejalan kaki yang melintas, dan pojon-pohon yang mengelilinginya. Sementara itu, area "shima" (pulau) memiliki permukaan transparan sebagai “gaya komunikasi baru” antara toko-toko dan orang-orang yang lewat. Ya, ide sang arsitek adalah membuat “rajutan” yang erat dengan menggabungkan kaca kaledoskop dengan permukaan reflektif. Keren!

Jingumae Crossing gedung baru japanesestation.com
Gedung kaca kaledoskop baru di Jingumae Crossing (grapee.jp)

Pembangunan dan pembukaanya dijadwalkan pada 2022 mendatang, jadi, bersabar sedikit lagi ya dan semoga saat itu pandemi COVID-19 sudah selesai!