Share on

Beberapa pelayanan di lokasi untuk makan-makan di Jepang disajikan dengan cara yang unik. Letak keunikannya pun kerap kali adalah orang-orang yang bertugas menjadi pelayan di tempat makan tersebut. Misalnya saja, maid dan butler di kafe-kafe Akihabara yang menjadi idaman banyak orang yang berkunjung ke Jepang karena penampilan fisik mereka kebanyakan memanjakan mata. Lalu, ada juga pelayan yang tampil eksentrik seperti pelayan robot di Restoran Shinju dan pelayan dengan armor samurai di Kabuto Ramen.

Bertemu Monyet-Monyet Pelayan Menggemaskan di Kayabuki
(gambar: taptrip)

Dalam bidang ini, tampaknya hewan pun tak ingin kalah bersaing, seperti di sebuah izakaya (bar ala Jepang) mempekerjakan monyet sebagai pelayan di sana. Bagi yang tertantang, berani, dan tertarik untuk melihat bagaimana para monyet bekerja dalam pelayanan kuliner, silakan mampir ke Kayabuki yang terletak di Utsunomiya, Prefektur Tochigi.

Bertemu Monyet-Monyet Pelayan Menggemaskan di Kayabuki
(gambar: 28Lab/Cater News)

Kalau kalian orang yang kerap kali memikirkan perawatan dan kondisi hewan di suatu tempat, maka kalian tak perlu khawatir, karena monyet-monyet di sini dirawat penuh kasih sayang. Lagipula, setiap monyet di sini hanya diizinkan untuk bekerja maksimal dua jam sehingga kondisi mereka lebih terjamin.

Selain itu, kalian juga tidak perlu khawatir mengenai kehigienisan makanan, monyet-monyet di sini juga sudah dibiasakan agar tidak menyentuh makanan dan minuman yang dihidangkan untuk pengunjung. Makanan dan minuman di Kayabuki ini tetap dibuat oleh manusia. Monyet-monyet ini hanya akan mengantarkan handuk kecil untuk lap tangan, dan juga botol minuman.

Monyet yang berada di restoran ini adalah monyet ras endemik dari Jepang, yaitu Japanese macaque.

Pemilik izakaya ini, Kaoru Otsuka, telah menjelaskan bagaimana ia bisa mengikutsertakan monyet-monyetnya. Monyet-monyet milik Otsuka tampaknya telah mempelajari bagaimana ia melayani pelanggan. Awalnya Otsuka hanya memberikan salah satu monyet miliknya sebuah handuk hangat yang biasa diberikan kepada pelanggan. Ternyata, monyetnya tersebut justru benar-benar mengantarkan handuk itu kepada pelanggan.

Bertemu Monyet-Monyet Pelayan Menggemaskan di Kayabuki
(gambar: mainichi)

selain mengantarkan barang pada pengunjung, monyet lucu yang kerap kali dipakaikan baju saat bertugas di sini juga bisa melakukan atraksi-atraksi yang memukau pelanggan.

Saking menggemaskannya aksi para monyet, mungkin banyak pengunjung yang sampai-sampai berpikir ingin turut memelihara monyet sebagai teman baik mereka sepulangnya dari izakaya ini.

Kayabuki Tavern Alamat: 4688 Miyukihoncho, Utsunomiya, Tochigi Website

Source: Japan Travel