Share on

Okinawa punya banyak makanan dan minuman yang cocok dijadikan oleh-oleh. Salah satunya, Awamori, sake khas Okinawa di area Kyushu. Sake yang disuling dari beras ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga banyak orang yang kepo ingin mencobanya. Nah, ingin tahu lebih banyak tentang Awamori? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Advertise With Us

Awamori ternyata punya sejarah panjang!

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Sake Awamori khas Okinawa (matcha-jp.com)

Sake yang terbuat dari beras dan black koji ini ternyata dibawa ke Jepang oleh orang Thailand pada sekitar tahun 1429-1879, ketika Okinawa masih dikenal dengan nama Ryukyu. Sayangnya, pada Perang Dunia II, semua industry sake di Okinawa hancur akibat perang besar tersebut. Pada saat perang usai di tahun 1946, para pengusaha sake berusaha untuk membangkitkan kembali usaha mereka, namun nyatanya mereka masih kekurangan black koji, bahan utama untuk membuat Awamori. Untungnya pada tahun 1949, pemerintah setempat menyetujui dibangunnya tempat penyulingan pribadi di Okinawa, sehingga usaha kembali bangkit dan Awamori masih eksis hingga kini.

Ternyata, Awamori bisa diminum kapanpun

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Awamori yang ditaruh dalam tempat penyimpanan Kara-kara (okinawatravel.info)

Awamori ternyata cukup awet dan tidak punya tanggal kadaluarsa, membuatnya bisa diminum kapan saja. Untuk membuatnya awet, cukup mudah, tinggal menjauhkan tempat penyimpanan sake ini dari udara yang panas dan sinar matahari langsung. Nah, ada beberapa orang yang hobi meminum Awamori berusia tua yang biasa disebut Kusu (Awamori yang disimpan lebih dari 3 tahun).

Rasa dan aroma Kusu semakin kuat jika semakin lama disimpan dalam tempat penyimpanan. Nah, buat kamu yang suka dengan alcohol dengan rasa yang kuat, sebaiknya minum Kusu.

Awamori  cocok buat kamu yang sedang diet

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Awamori Sake (savvytokyo.com)

Minuman beralkohol asli Okinawa ini ternyata  bisa jadi sahabat baik buat yang ingin minum namun ingin menurunkan berat badan karena rendah kalori dan dibuat tanpa menggunakan gula sama sekali. Cocok kan buat para cewek yang tidak mau gemuk?

Awamori membuatmu “dekat”

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Orang-orang meminum Awamori dari chibiguwa (savvytokyo.com)

Awamori ternyata bsia membuatmu lebih dekat dengan teman-temanmu!  Kenapa bisa? Ternyata, hal ini deisebabkan orang-orang Okinawa membuat ochoko (cangkir sake) super imut bernama chibuguya, yang digunakan untuk meminum awamori perlahan-lahan. Gelas ini sangat mungil sampai-sampai kepalamu dan teman-temanmu bisa saling membentur ketika melakukan kanpai!

Sake enak ini bisa dinikmati bersama makanan dan minuman apapun!

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Awamori yang telah dicampur dengan berbagai buah-buahan (savvytokyo.com)

Salah satu hal yang membuat Awamori populer adalah karena sake ini dapat dinikmati bersama makanan dan minuman apapun. Mulai dari makanan Jepang, makanan ala Eropa, hingga makanan Cina.

Warnanya yang transparan juga bikin sake ini sering digunakan sebagai base untuk cocktail. Biasanya, Awamori digunakan untuk dicampur dengan buah jeruk shekwasha (sejenis lemon), dan berbagai buah daerah tropis lainnya.

Orang-orang Okinawa punya cara unik untuk menikmati Awamori!

Awamori, Minuman Beralkohol Asli Okinawa
Awamori yang dicampur dengan air (savvytokyo.com)

Meski banyak orang memilih menikmati Awamori secara langsung untuk menikmati rasa dan aroma aslinya, Uchinanhu (dialek lokal untuk penduduk asli Okinawa) punya cara unik lain untuk menikmati minuman ini lho. Penasaran?

Ternyata, banyak Uchinanhu yang menikmati minuman ini dengan campuran air. Ada ebberapa cara lho menikmati Awamori dengan air, misalnya:

Jika kamu meminum Awamori vintage atau yang beraroma mellow, sebaiknya meminum Awamori dengan campuran air ini dalam perbandingan 6:4 atau 5:5. Namun, jika diminum saat musim panas, akan lebih baik jika perbandingannya 3:7.

Cara lain untuk menikmati Awamori dengan air adalah dengan memasukannya ke kulkas dan didiamkan sehari semalam. Dengan melakukan ini, rasa Awamori akan membuat rasanya menjadi unik, namun tetap enak dinikmati.

Ingin mencoba Awamori ketika ke Okinawa nanti?