Share on

Musim panas kalian yang di Jepang akan semakin menarik dengan seni dan budaya! Empat museum di Tokyo akan memperpanjang jam buka mereka hingga jam 9 malam, terutama pada hari Jumat mulai dari tanggal 19 Juli hingga 31 Agustus. Para pengunjung "Summer Night Museum" juga dapat menikmati diskon biaya masuk dan gratis untuk siswa dengan ID siswa yang valid. Acara khusus seperti konser mini dan sesi bicara yang menarik pun akan diselenggarakan. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi kalian untuk menikmati seni dan museum di malam hari sepulang sekolah, bekerja dan saat bertamasya di sekitar Tokyo.

Advertise With Us

Berikut adalah beberapa museum yang ikut serta dalam program ini:

1. Tokyo Metropolitan Edo Tokyo Museum
4 Museum di Tokyo Ini Buka di Malam Hari Selama Musim Panas
(image: an epic education)

Museum Tokyo Metropolitan Edo-Tokyo dibuka pada bulan Maret 1993 sebagai ruang untuk merefleksikan sejarah dan budaya Edo-Tokyo untuk membayangkan penampakan kota pada zaman dahulu serta kehidupan masa depan. Museum ini telah menjadi landmark dan objek wisata populer di Tokyo sejak pembukaannya.

Pameran permanen, menampilkan benda-benda asli dan replika yang menawarkan pengunjung sebuah perjalanan melalui sejarah selama 400 tahun di Edo-Tokyo sejak Tokugawa Ieyasu memasuki Edo. Selain pameran permanen, museum mengadakan pameran khusus di galeri lantai pertama, lima hingga enam kali setahun, dan melakukan berbagai acara lainnya, termasuk seminar dan lokakarya tentang sejarah dan budaya Edo-Tokyo.

2. Teien Art Museum
4 Museum di Tokyo Ini Buka di Malam Hari Selama Musim Panas
(image: wikimedia)

Gedung Museum Tokyo Teien Art Museum sebelumnya adalah tempat tinggal Pangeran Asaka Yasuhiko dan keluarganya dari 1933 hingga 1947. Pangeran, yang belajar di École Spéciale Militaire de Saint-Cyr di Perancis, dan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada 1925, sangat terpikat dengan gerakan art deco. Sekembalinya ke Jepang ia menugaskan pembangunan tempat tinggal pribadinya sendiri dalam gaya ini.

Rumah kediaman ini pertama kali dibuka untuk umum sebagai museum pada tahun 1983 dan menjadi salah satu dari banyak museum di Jepang yang didukung oleh pemerintah prefektur. Teien memiliki arti taman Jepang, museum ini dinamakan demikian karena bangunannya dikelilingi oleh taman dan patung.

3. Tokyo Metropolitan Art Museum
4 Museum di Tokyo Ini Buka di Malam Hari Selama Musim Panas
(image: yelp)

Tokyo Metropolitan Art Museum  (東京 都 美術館 Tōkyōto Bijutsukan) adalah sebuah museum seni di Tokyo, Jepang. Museum ini terletak di Taman Ueno.

Museum Seni Metropolitan Tokyo telah hadir di Ueno sejak tahun 1926, meskipun bangunan merupakan hasil karya pada saat itu, terdapat juga beberapa bangunan baru yang dirancang pada tahun 1975 oleh arsitek Jepang Kunio Maekawa (1905-1986) serta hasil renovasi pada tahun 2010-2012 lalu.

4. Tokyo Photographic Art Museum
4 Museum di Tokyo Ini Buka di Malam Hari Selama Musim Panas
(image: nippon)

Tokyo Photographic Art Museum adalah sebuah museum seni yang berkonsentrasi pada fotografi. Sebagai Museum Fotografi Metropolitan Tokyo, museum ini didirikan oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo di Meguro. Museum ini juga memiliki bioskop di dalamnya.

Hingga tahun 2014, sebelumnya Tokyo Photographic Art Museum disebut dengan istilah "Syabi" (diucapkan shabi); namun sejak tahun 2016, museum ini menyebut dirinya "Top Museum".

(featured image: UNU)