Share on

Berlibur ke Jepang pun bisa dijadikan waktu untuk belajar, khususnya mengenai kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Agar tidak bosan, kalian bisa belajar di museum yang penuh informasi penting dan dilengkapi dengan berbagai bentuk display.

Advertise With Us

Berikut adalah museum-museum di Tokyo untuk mengenali bagaimana masyarakat Jepang menghadapi kondisi darurat, yang seluruhnya bisa diakses secara gratis.

Fire Museum

Museum yang terletak di Yotsuya ini dijalankan oleh Departemen Kebakaran Tokyo ini menyimpan informasi mengenai perkembangan tindak pemadaman kebakaran dan pencegahan bencana sepanjang abad di Jepang. Lantai dasar museum ini menampung berbagai mobil pemadam kebakaran kuno Jepang.

Jika membawa anak-anak, lantai tiga gedung museum ini mungkin akan menarik bagi mereka karena bisa memakai kostum pemadam kebakaran sambil mencoba-coba kokpit mobi pemadam kebakaran yang dilengkapi sirenenya. Mereka juga bisa mencoba misi penyelematan secara virtual.

Setelah menjelajahi pajangan diorama besar yang dilengkapi dengan lampu, suara, dan video yang menunjukkan demonstrasi kebakaran, anak-anak dapat mencoba memadamkan api di sudut simulasi.

Website (bahasa Jepang)

Metropolitan Police Department Museum

Terletak di Kyobashi, museum enam lantai ini akan memberi informasi tentang sejarah dan cara kerja Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo. Di museum ini juga terdapat fasilitas yang bisa menyenangkan anak-anak sambil memberi mereka ilmu. Mereka bisa menjadi 'polisi mini' kemudian berpose dengan berbagai kendaraan yang biasa dipakai polisi.

Di lantai dua dan tiga, anak-anak dapat belajar tentang keselamatan lalu lintas di simulator bersepeda dan kiat-kiat pencegahan kejahatan melalui pajangan diorama.

Tak perlu khawatir soal bahasa yang digunakan dalam penjelasan yang tertera, karena pihak pengelola sudah menyediakan keterangan tertulis dalam bahasa Inggris, juga penjelasan audio dalam bahasa Inggris, Korea, dan Mandarin.

Website

Bosaikan

Jepang adalah negara yang sangat rawan mengalami gempa bumi. Jika ingin mengenal lebih lanjut tentang gempa bumi, maka Bosaikan yang terletak di Ikebukuro ini adalah pilihan yang tepat. Ada pelatihan mengenai pertolongan pertama dalam keadaan darurat dan tips penyelamatan diri.

Bagian menegangkan dari museum yang terletak di Ikebukuro ini adalah ruang simulasi gempa yang bisa berguncang. Tak hanya mengenai gempa, museum ini pun juga memiliki ruang simulasi hujan badai dan ruang asap kebakaran di mana para pengunjung harus mencoba tabung pemadam kebakaran tanpa disuruh terlebih dahulu.

Website (bahasa Jepang) Source & Images: Time Out Tokyo