Share on

Tokyo Tower, salah satu menara dan tempat ikonik di kota Tokyo, kini tidak hanya memberikan pemandangan ibu kota yang unik serta indah, tapi juga memberikan latihan kardio yang tiada duanya! Mau tau kenapa?

Meskipun kehilangan statusnya sebagai struktur tertinggi di Jepang ketika Tokyo Skytree dibuka tahun 2012, Tokyo Tower bagi banyak orang masih merupakan simbol ibukota yang lebih ikonik. Terletak lebih dekat ke pusat kota dan dengan skema warna merah-putih yang memberikan nuansa nostalgia sekaligus modis, Tokyo Tower juga memberikan pemandangan kota yang indah dari lantai observasi Main Deck.

Fasilitas ini telah ditutup sementara untuk pengunjung sejak 8 April lalu karena wabah pandemi coronavirus, tetapi dengan diangkatnya status darurat ketika jumlah infeksi sudah menurun, spot main deck akan dibuka kembali pada hari Kamis, 28 Mei. Sementara Tokyo Tower akan terbuka untuk kembali beroperasi menjalankan bisnisnya, tapi tetap berpegang teguh pada aturan social distancing. Maka, sebagian besar tamu tidak akan diizinkan untuk menggunakan lift. Jadi jika kalian ingin naik ke main deck, yang berjarak 150 meter (492 kaki) di langit, kalian harus naik tangga. Waduuuh!

Sebagai info, terdapat lebih dari 600 anak tangga dari street level ke main deck. Jalur tangga sebenarnya adalah salah satu pilihan bahkan selama operasi normal. Bahkan, sebagai lorong eksterior, ia memberikan pemandangan kota yang indah di sepanjang jalan.

Begitu sampai di main deck (sekitar setengah jalan dari ketinggian total menara), kalian akan menemukan tanda di lantai untuk membantu pengunjung menjaga jarak dua meter (atau satu tikar tatami) terpisah satu sama lain saat kalian mengagumi pemandangan kota Tokyo, sekaligus memulihkan stamina kalian yang mungkin terkuras habis di perjalanan naik. Karena tentu saja kalian juga harus melakukan kembali perjuangan 600 langkah menuruni tangga dalam perjalanan pulang (tapi ini pasti lebih mudah, ya!).

Sementara pengecualian akan dibuat yang memungkinkan lansia atau pengunjung dengan keterbatasan mobilitas untuk menggunakan lift (dengan penempatan yang dibatasi dengan ketat), bagi hampir semua orang, tangga adalah satu-satunya akses.

Jadi kami sarankan kalian memakai pakaian yang lebih ringan dan lebih nyaman daripada cosplayer di atas. Dan jangan lupa untuk mampir mengunjungi kafe-kafe populer di Tokyo untuk mengisi energi selepas wisata penuh semangat olah raga di Tokyo Tower, ya!