Berita Jepang | Japanesestation.com

Baik tentang budayanya yang unik atau penemuan terbarunya yang canggih, Jepang terus menjadi berita di seluruh dunia, terutama saat ini karena Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 yang paling ditunggu. Jika kamu akan datang ke Jepang untuk pertama kalinya dan ingin merasakan pengalaman terbaik dari budaya Jepang, berikut adalah tujuh aktivitas yang harus kamu coba!

1. Bersantai di Onsen

Berendam di Onsen
Ilustrasi berendam di onsen (pakutaso.com)

Jika kamu datang ke Jepang untuk bersantai, maka berendam di salah satu onsen atau mata air panas alami adalah suatu keharusan! Ada banyak kota onsen di sekitar Jepang, dengan vulkanik alami dan khasiat penyembuhan. Seringkali terdapat kombinasi ryokan onsen, sebuah hotel tradisional ala Jepang yang dibangun di atas sumber mata air panas.

Onsen bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar Tokyo. Tetapi jika ingin pengalaman yang lebih menyenangkan, kamu bisa mengujungi daerah-daerah seperti Nagano, Tochigi, Kinugawa, atau Kusatsu Onsen.  Selain itu, jangan lupa bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan di onsen!

Huawei MatePad Pro

2. Menonton Pertandingan Sumo

Sumo
Seni bela diri sumo (Sumber: bccjapan.com)

Kamu mungkin bukan penggemar berat olahraga, tetapi pengalaman menonton pegulat sumo profesional adalah budaya Jepang yang tidak boleh kamu lewatkan karena memang hanya bisa kamu nikmati di Jepang. Turnamen besar berlangsung di Tokyo pada bulan Januari, Mei, dan September, jadi jika kamu berada di kota sekitar bulan-bulan ini, pastikan untuk membeli tiket!

Bersiaplah untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena sumo populer dan tiketnya terjual dengan sangat cepat. Jika kamu tidak bisa mendapatkannya, kamu dapat mencoba mengunjungi markas pelatihan sumo di sekitar stasiun Ryogoku di Tokyo, untuk setidaknya melihat beberapa pertarungan latihan.

3. Jadi Samurai Selama Sehari dan Pergi ke Kastil

Kastil Odawara
Kastil Odawara (jpninfo.com)

Iya! Mengenakan baju besi ala samurai bangsawan, lengkap dengan katana, bukan lagi hanya mimpi! Di Jepang, ada banyak “samurai experience” yang ditujukan untuk wisatawan, mulai dari pakaian sederhana, hingga pelatihan pertarungan pedang dan memanah. Hanya dengan 300 yen, kamu dapat menyewa pakaian samurai dan menjelajahi halaman kastil!

Kastil-kastil di Jepang seperti Kastil Matsumoto, Kastil Osaka, Kastil Himeji dikatakan sebagai yang terindah di seluruh Jepang. Dari Karatsu di Fukuoka, hingga banyak kastil di daerah Tohoku di utara, ada banyak kesempatan untuk melihat keindahan kastil Jepang sambil berpakaian ala samurai.

4. Mengenakan Kimono atau Yukata

Memakai Yukata
Ilustrasi memakai yukata sambil berkeliling tempat wisata di Jepang (jpninfo.com)

Tokyo adalah kota yang sangat modern dan modis, tetapi itu tidak berarti mereka telah melupakan pakaian tradisional. Tentu saja, tidak semua orang berkeliaran di jalanan Tokyo dengan mengenakan kimono atau yukata, terutama karena pekerjaan dan sekolah di negara ini mengharuskan aturan berpakaian yang tegas. Namun banyak orang Jepang yang mengenakan pakaian tradisional untuk merayakan festival musim panas, festival kembang api, mengunjungi tempat-tempat wisata, upacara penting seperti pernikahan dan wisuda, dan juga sebagai item fashion yang keren.

Kamu selalu bisa berpartisipasi, karena sewa kimono dan retail kimono adalah industri besar, terutama untuk menarik wisatawan untuk mencoba pakaian tradisional Jepang.

5. Menonton Pertunjukan Kabuki

Pertunjukan Kabuki
Pertunjukan Kabuki (jpninfo.com)

Jika kamu adalah penggemar berat musik, seni, dan tarian, menyaksikan hiburan tradisional Jepang ini harus ada di daftar teratas kamu. Dengan beberapa teater di Tokyo yang menawarkan pertunjukan Kabuki, kamu akan memiliki cukup banyak pilihan untuk dikunjungi.

Ada pertunjukan lengkap yang biasa berlangsung dari siang hingga malam, ada juga pertunjukan yang lebih pendek yang hanya fokus pada pengenalan Kabuki, atau hanya melihat satu atau dua adegan. Pertunjukan yang pendek sangat bagus untuk pemula dan turis, kamu juga akan diberi buklet yang menguraikan cerita pertunjukannya dan penerjemah audio.

6. Mengikuti Upacara Minum Teh

Upacara Minum Teh
Upacara minum teh Jepang (theculturetrip.com)

Teh dapat ditemukan di mana saja, tetapi tidak ada yang mengalahkan pengalaman meminum secangkir teh sambil menyaksikan seni rumit yang merupakan bagian penting dari budaya Jepang. Untuk pengalaman yang sederhana dan tenang, kamu dapat menikmati matcha dan manisan tradisional di taman dan kedai teh setempat, sedangkan untuk upacara minum teh yang lebih rumit, lebih baik memesan tempat terlebih dahulu.

Di Tokyo, tempat-tempat seperti Waraku-an memberi kamu kesempatan untuk duduk dengan staf Jepang berpakaian kimono saat mereka menyiapkan teh, lengkap dengan manisan wagashi Jepang yang lembut, dan cangkir keramik cantik yang dipilih dengan cermat.