Share on

Jika ingin menikmati karya seni dan hiburan tradisional Jepang, Kyoto lah tempat terbaik! Tapi, area Kyoto sebelah mana ya? Kalau bingung, datang saja ke distrik Gion! Tempat yang dikenal sebagai “Distrik Geisha” ini sejak dulu dikenal sebagai pusat seni tradisional dan hiburan di Jepang lho.  Nah, kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan di sini?

1. Jalan-jalan dan Wisata Kuliner di Shirakawa

geisha gion kyoto japanesestation.com
Shirakawa (japanobjects.com)

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pemandangan kota adalah dengan berjalan kaki mengelilingi kota, dan itulah yang yang wajib kamu lakukan di area Shirakawa! Jalan bersejarah ini membentang dari Shijo Dori hingga Kanal Shirakawa. Nah, sambil berjalan, kamu akan ditemani dengan pemandangan pohon-pohon willow tinggi dengan daun yang menjuntai ke bawah, unik!

Selain jalan-jalan, bisa wisata kuliner sekalian lho, di sini banyak banget spot cantik untuk menikmati makanan lezat atau bersantai sambil meminum teh. Saking banyaknya spot makan-makan cantik di Shirakawa, jadi susah nih memilihnya. Jadi, pilih sesukamu saja ya!

2. Berbelanja Kerajinan Tradisional dan Berfoto di Hanami Lane

geisha Gion Kyoto japanesestation.com
Machiya (japanobjects.com)

Sudah disebutkan kan di atas kalau Gion kerap diasosiasikan dengan geisha  dan seni tradisional Jepang? Nah, Hanami Lane ini buktinya. Jalur yang memotong Shijo Dori dan Kuil Yasaka ini dipenuhi dengan berbagai bangunan tradisional yang cantik, misalnya berbagai machiya (rumah kayu) yang berjajar di pinggir jalannya. Kini, banya machiya yang disulap menjadi galeri seni, toko barang antik, toko alat dan karya seni, toko kimono, dan berbagai toko yang menjual karya seni tradisional. Bangunannya yang unik juga  bikin Hanami Lane cocok banget menjadi lokasi photo shooting lho, sangat Instagramable!

3. Minum Teh sambil Dihibur Geisha di Ochaya

geisha Gion Kyoto japanesestation.com
Geisha di Gion (japanobjects.com)

Gion juga dikenal dengan ochaya (tea house) lho! Sejak dulu, ochaya dikenal sebagai tempat untuk bersantai sambil mengapresiasi budaya, mirip dengan peran café zaman sekarang. Nah, di Gion, ochaya selalu menghadirkan geisha (geiko) dan maiko untuk menghibur pengunjung. Jadi bisa menikmati teh sambil dihibur geisha deh!

Sebenarnya, ada banyak ochaya di Gion, tapi, yang paling terkenal adalah Ichiriki Ochaya. Ochaya yang terletak di sudut jalan Shijo-Dori dan Hanamikoji-Dori. Bangunan yang usianya sudah sekitar 3 abad ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya para samurai revolusioner Jepang yang dikenal dengan nama  47 Ronin lho! Di tempat inilah, mereka menyusun rencana untuk mengubah Jepang.  

4. Menonton Bunraku

geisha Gion Kyoto japanesestation.com
Boneka Bunraku (japanobjects.com)

Gion memang dikenal dengan geisha atau geiko-nya. Tapi, masih banyak lho kesenian lain yang wajib dilihat di sini, misalnya bunraku. Nah, bunraku atau Ningyo Joruri (人形浄瑠璃) ini adalah teater boneka unik yang lahir di area Kansai pada abad 17. Lalu, di mana uniknya?

Ternyata, boneka yang digunakan dalam bunraku ukurannya hampir setengah ukuran manusia dan dikendalikan oleh tiga orang! Narator bunraku juga mampu meniru berbagai suara lho! Untuk menontonnya, bisa datang ke Gion Corner ya.

5. Menyaksikan Gion Matsuri

geisha Gion Kyoto japanesestation.com
Gion Matsuri (japanobjects.com)

Jika datang ke Gion saat musim panas, wajib menyaksikan Gion Matsuri (祇園祭), atau festival Kuil Yasaka. Festival ini sebenarnya berlangsung selama satu bulan di bulan Juli, tapi ada beberapa tanggal penting yang wajib kamu catat nih. Misalnya tanggal 17 Juli yang disebut Yamaboko Junko, prosesi float terbesar di even ini. Wajib ditonton!

Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan di Gion alias Distrik Geisha di Kyoto ini!

Sumber:

Japan Objects

Inside Kyoto