Share on

Setiap tahun pada bulan Oktober, Matsushiro mengadakan Matsushiro Sanada Jumangoku Matsuri yang akan membawa kita kembali merasakan Sengoku Jidai.

Advertise With Us

Matsushiro adalah wilayah di Nagano dan merupakan daerah kekuasaan klan Sanada. Jumangoku dalam nama festival ini terdiri dari kata “jumanyang berarti 100.000 dan “goku”, istilah kuno untuk satuan pengukur beras (1 goku = sekitar 150 kg beras). Jumangoku menunjukan bahwa kekayaan klan Sanada ini bernilai 100.000 goku pada periode Edo.

Di festival yang berlangsung selama 2 hari ini, masyarakat banyak yang menggunakan kostum perang kuno untuk berparade dari kastil mengelilingi Matsushiro.

    matsushiro sanada jumangoku

Sebelum parade dilakukan, di tanah lapang kastil diselenggarakan beberapa penampilan terlebih dahulu. Ada Sanada Teppo Tai (Sanada Artilery Corp) yang menunjukkan kemampuan mereka dalam menembak dengan kostum merah khas klan Sanada, menggunakan senjata api seperti pistol flintlock, rifle, dan meriam. Pasukan itu menunggu aba-aba pemimpin yang akan meneriakan, “Hanate!” ketika mereka disuruh menembak.

matsushiro sanada jumangoku matsushiro sanada jumangoku

Kemudian setelah ada upacara pembukaan, akan dilanjutkan dengan pertunjukan taiko dan kioijishi. Kiojishi merupakan ‘barongsai’ tradisional Nagano yang dimulai sejak periode Meiji. Setelahnya semua orang akan berparade dari kastil keluar menuju Matsushiro

Tahun 2019 ini, festival Matsushiro Sanada Jumangoku akan diadakan pada tanggal 12-13 Oktober.

  All images: matsushiro-kankou Source: wattention, snowmonkeyresorts