Share on

Apa yang ada di benakmu ketika berbicara mengenai makanan Jepang? Rata-rata pasti menjawab sushi, tempura, dan ramen. Semua makanan yang disebutkan ini memang enak dan mendunia. Tapi, tahukah kamu hidangan barat juga popular di Jepang? Beberapa di antaranya telah berevolusi menjadi hidangan yang disesuaikan dengan selera orang Jepang, sehingga menghasilkan masakan yang baru. Artikel ini akan  membawamu mengenal Spaghetti Napolitan yang digemari di Jepang hingga saat ini.

Advertise With Us

Awal Mula Hidangan Ini Populer di Jepang

Spaghetti Napolitan ternyata masuk ke Jepang dengan cara yang unik. Diawali dengan kedatangan Jenderal Amerika Douglas MacArthur mendarat di Yokohama pada 30 Agustus 1945.  Saat itu, beliau langsung menuju New Grand Hotel tempat di mana perwira AS beristirahat.

Shigetada Irie yang bekerja sebagai head chef di hotel tersebut sempat kebingungan akan memasak apa untuk tamu penting asal Amerika itu. Dia  berimprovisasi dan membuat masakan dari bahan seadanya. Saat itu, ia mendapat inspirasi dari porsi spaghetti dengan saus tomat yang tersisa di dapur dan kemudian mengembangkan pasta baru bernama Spaghetti Napolitan. Hidangan itu menjadi popular hingga banyak restoran Jepang yang mulai menjualnya dengan versinya masing-masing. Tapi masalahnya, saat itu tomat segar ataupun pasta tomat sangat langka dan mahal di Jepang. Sebagai gantinya, banyak juru masak yang menggunakan saus tomat sebagai bumbu spaghetti, tak jarang mereka menambahkan sosis wiener sebagai pelengkap.

Spaghetti Napolitan
Saus Tomat yang ditumis bersama bahan-bahan lainnya (simplyrecipes.com)

Hidangan ini diberi nama Napolitan sebagai penghormatan untuk kota Naples di Italia yang menginspirasi sang koki untuk memasak hidangan pasta. Di Jepang, hidangan ini disebut Naporitan karena dalam Bahasa Jepang huruf “L” dan “R’’ sangat mirip.

Bahan-bahan yang Digunakan

Umumnya hidangan fusion barat dan Jepang dibuat dengan berbagai variasi tergantung resep istimewa sang juru masak. Spaghetti Napolitan tetap mempertahankan bahan dasar utamanya seperti spaghetti dan saus tomat yang ditumis dengan bawang putih dan sayuran lainnya. Untuk bahan sausnya, menggunakan tomat kalengan lalu dibumbui dengan tumis bawang bombay, bawang putih, daging asap, jamur kalengan dan sayuran cincang. 

Kalau kamu berminat memasak hidangan yang satu ini, jangan lupa baca resep Spaghetti Napolitan-nya ya!