Share on

Saat menikmati ramen, kita melihat warna-warna yang senada seperti warna coklat dari kuahnya, warna kuning dari mie, atau warna hijau tua dari rumput laut. Kemudian kita akan menemukan warna merah jambu yang sangat mencolok dari narutomaki.

Advertise With Us

Apa itu narutomaki? Narutomaki adalah sebuah fish cake yang biasanya digunakan sebagai topping ramen. Tidak hanya ramen, narutomaki juga dapat digunakan sebagai topping pada salad dan sup. Narutomaki sendiri termasuk salah satu jenis kamaboko, yang merupakan fish cake berbentuk dan digunakan sebagai tambahan untuk makanan utama, atau sebagai side-dish. Kamaboko memiliki banyak macam bentuk, warna, dan rasa, narutomaki adalah salah satunya.

narutomaki
Narutomaki (sumber: tasteatlas)

Narutomaki terbuat dari ikan putih dan putih telur yang dicampur dan dihaluskan menjadi sebuah pasta. Setelah menjadi pasta, campuran ini dibagi menjadi dua. Bagian pertama akan diratakan dan dibentuk menjadi berbentuk persegi panjang, bagian ini nantinya akan menjadi dasar warna putih pada narutomaki. Bagian yang kedua diwarnai dengan pewarna merah dengan jumlah sedikit untuk menghasilkan warna merah jambu, bagian ini kemudian dioleskan di atas bagian putih dan digulung menjadi bentuk batang, menciptakan bentuk pusaran berwarna pink yang menjadi ciri khas dari narutomaki. Adonan yang telah dibentuk ini kemudian dikukus, dan narutomaki siap untuk digunakan.

Orang-orang mungkin akan mengenal narutomaki dari seri “Naruto”, di mana pemeran utamanya, Naruto merupakan seorang anak yang menyukai ramen. Akan tetapi, nama narutomaki sendiri bukan berasal dari seri anime tersebut, narutomaki pertama kali dikenal pada akhir abad ke-19, dan awalnya diketahui sebagai salah satu jenis kamaboko.

ilustrasi naruto makan ramen
Naruto (pinterest: Hiptoro)

Narutomaki awalnya terkenal sebagai topping untuk soba, akan tetapi setelah ramen diperkenalkan ke Jepang, banyak orang-orang yang bereksperimen untuk menggunakan narutomaki sebagai topping ramen, karena kesamaannya dengan soba. Setelah bereksperimen, orang-orang menemukan bahwa narutomaki cocok untuk digunakan sebagai topping untuk ramen, dan akhirnya narutomaki pun menjadi topping ramen yang populer hingga sekarang.